Breaking News:

Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris Buka Kegiatan P4K Dinas Kesehatan

Perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi sangat penting dilakukan agar masyarakat paham bahaya persalinan

Editor: Rahimin
istimewa
Terlihat Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Oki Permana, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Hesnidar Haris, dan Endang dari BKKBN Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Hesnidar Haris membuka acara pertemuan penguatan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi sekaligus menjadi narasumber di Abadi Suite Hotel, kota Jambi, Jumat (9/10/2021).

P4K dilaksanakan selama tiga hari, menghadirkan narasumber selain Hesnidar Haris, yakni Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, IDI, POGI, PPNI, IBI, Jimmi NursiaSKM, MM dan dan dr Dini Silvia MM.

Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan komplikasi (P4K) sangat penting dilakukan agar masyarakat paham bahaya persalinan.

Hal ini masih menjadi prioritas, di mana angka kematian ibu dan angka kematian bayi serta angka stunting masih tinggi.

“TP PKK yang tersebar sampai pelosok desa, menjadi mitra pemerintah dalam mensukseskan program kerja, PKK bisa berperan dalam mengurangi angka kematian ibu, yakni sebagai penyuluh, penggerak, pencatat dan pendamping,” ujar Hesnidar Haris.

Kegiatan ini hadiri Kabid Kesmas Oki Permana mewakili Kepala Dinas Pesehatan Provinsi Jambi, BKKBN Provinsi Jambi, Biro Kesramas.

Peserta berjumlah 40 orang perwakilan kepala puskesmas, bidan desa, dan penanggung jawab program ibu dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Kegiatan ini menindaklanjuti surat edaran Menkes nomor 295 tahun 2008 tentang percepatan pelaksanaan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.

Peserta pertemuan penguatan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi sekaligus menjadi narasumber di Abadi Suite Hotel,
Peserta pertemuan penguatan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi sekaligus menjadi narasumber di Abadi Suite Hotel, (istimewa)

Ini bertujuan untuk mendata status ibu hamil, perencanaan persalinan termasuk pemakaian metode KB pascasalin, dan peningkatan pengetahuan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan program P4K.

Kabid Kesmas Oki Permana mewakili Kepala Dinas Pesehatan Provinsi Jambi mengatakan, program P4K dengan status stiker merupakan satu upaya terobosan dalam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Melalui kegiatan peningkatkan akses dan kualitas pelayanan, sekaligus membangun potensi masyarakat untuk persiapan dalam penyelamatan ibu dan bayi baru lahir.

Baca juga: Hesnidar Haris Serahkan Bantuan Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Baca juga: Ketua TP PKK Provinsi Jambi Meluncurkan Program Keluarga ST2B di Merangin

Baca juga: Ketua TP PKK Jambi Hesti Haris Kenalkan Aplikasi Dasa Wisma di Sungai Penuh

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved