Breaking News:

Dibudpar Jambi Akan Ubah Wajah Jembatan Pendestrian Gentala Arasy Jadi Objek Wisata

Dinas Pariwisata berniat merubah wajah Jembatan Pendestrian Gentala Arasy menjadi bagian dalam ikon Provinsi Jambi.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Samsul Bahri
Jembatan Pendestrian Gentala Arasy menjadi bagian dalam ikon Provinsi Jambi. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Jembatan Pendestrian Gentala Arasy menjadi bagian dalam ikon Provinsi Jambi setelah pada tahun 2015 jembatan ini diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia pada saat itu Jusuf Kalla. Sejumlah masyarakat pun kerap berkunjung dan mengabadikan momen selama berkunjung termasuk menikmati sunset di tepian Sungai Batanghari. 

Jembatan Pendestrian Gentala Arasy tersebut berdiri di atas aliran Sungai Batanghari. Berada di Kota Jambi, lokasi jembatan ini sangat strategis. Tidak hanya menjadi ikon, hadirnya Jembatan Pendestrian Gentala Arasy ini membawa keuntungan bagi perekonomian masyarakat sekitar. 

Jagung bakar, es tebu, bakso, sate dan berbagai macam kudapan bisa di temui di sekitar areal Jembatan Pendestrian Gentala Arasy atau tepatnya di Tanggo Rajo, masyarakat menjajakan makanan tersebut baik di ujung jembatan atau di sekitar menara Gentala Arasy ataupun di bawah Jembatan atau di pinggir jalan pintu masuk Jembatan. 

Namun sayangnya, jualan yang tidak tertib kemudian kondisi lapak yang tidak cukup bagus membuat nilai wisata di pendestrian tersebut berkurang. Hal ini lah yang kemudian membuat Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jambi mulai berbenah di Pendestrian Gentala Arasy

Plt Kepala Dinas Budpar Provinsi Jambi, Sri Purnama Syam menyebut bahwa pihaknya bersama dengan Satpol PP telah melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang yang berjualan di pinggir trotoar jalan yang lokasinya berada di bawah Jembatan. Ini di lakukan untuk mengubah kesan pedagang yang berjualan serampangan. 

"Perlahan kita ubah, PKL kita tertibkan dulu. Karena kalo dilihat memang kurang bagus ya, kita benahi nanti juga rencana akan kita buatkan kontainer-kontainer yang menarik untuk mengubah citra kumuh," katanya.

Baca juga: Suasana Pedestrian Gentala Arasy, Sempat Ditertibkan dan Ditutup, Kini Kembali Ramai

Sri Purnama Syam yang lebih dikenal Ema menyebutkan bahwa Jembatan Pendestrian Gentala Arasy menjadi potensi wisata yang harus dikelolah dengan baik dan kreatif. Tidak hanya dilakukan pemerintah, namun masyarakat lokal atau sekitar Jembatan Pendestrian Gentala Arasy juga diharapkan membantu. 

"Makanya kita juga mengajak masyarakat sekitar terutama pemuda-pemuda sekitar dengan membentuk Pokdarwis. Karena ini menjadi peluang kerja untuk mereka juga, jadi tetap kita akan berdayakan masyarakat dan pemuda sekitar untuk membantu lebih mengenalkan Jembatan Pendestrian Gentala Arasy," ungkapnya. 

Disisi lain, Ema menyebut bahwa pihaknya telah menawarkan paket yang Ia sebut paket murah, meriah, muntah yang ini juga di realisasikan bersama Pokdarwis Jembatan Pendestrian Gentala Arasy. Pihaknya juga telah melaksanakan simulasi untuk bagaimana Pokdarwis ini menjalankan penawaran paket terhadap wisatawan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved