Breaking News:

Berita Jambi

Dekranasda Provinsi Jambi Launching Buku Sejarah & Filosofi Ragam Motif Batik Jambi

Buku Sejarah & Filosofi Ragam Motif Batik Jambi Sabtu (9/10/2021) diluncurkan secara virtual oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hesnidar Al Haris.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Dekranasda Provinsi Jambi Launching Buku Sejarah & Filosofi Ragam Motif Batik Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Buku Sejarah & Filosofi Ragam Motif Batik Jambi Sabtu (9/10/2021) diluncurkan secara virtual oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hesnidar Al Haris.

Pelaksanaan Launching ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting.

Adapun pelaksanaan ini dihadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam hal ini Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Muhammad Neil El Himam.

Ketua Umum Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Nasional, Syafril Nursal, Ketua Yayasan Batik Indonesia, Yanti Airlangga, Ketua Asosiasi Pengusaha dan Pengrajin Batik Indonesia, Komarudin Kudiya.

Tidak hanya itu, pelaksanaan launching ini dihadiri oleh Dekranasda se Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Jambi.

Syafril Nursal menerangkan bahwa bagi masyarakat Jambi, batik bukan suatu yang asing, hampir semua daerah dalam wilayah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah mengenal tradisi membatik dan menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari.

"Sejarah perkembangan tradisi membatik sebagai karya budaya semua lapisan masyarakat telah berlangsung sangat lama di Jambi, jauh sebelum Indonesia merdeka. Oleh karena itu, kebudayaan batik harus dilestarikan, dilindungi, dikembangkan, dimanfaatkan, dan dibina," ungkapnya.

lebih lanjut disampaikan Syafril Nursal bahwa BMKJ Nasional untuk di Jambi sebagai tempat pagayuban bagi warga-warga jambi perantauan di seluruh indonesia.

Terhadap adanya launching buku Sejarah & Filosofi Ragam Motif Batik Jambi, pihaknya sangat memberikan dukungan.

Disisi lain, katanya Ragam motif batik jambi yang khas memuat pesan yang simbolik bahwa kehidupan manusia harus belajar dari alam.

Melalui batik juga dapat beri nilai tambah untuk wisatawan ke Jambi.

"Dalam rangka pengenalan batik jambi, dan peluncuran buku sejarah dan motif jambi yang di susun oleh putra-putri Jambi. Kita berharap mudah-mudahan buku ini dapat mendukung pengenalan batik yang lebih dalam lagi," pungkasnya.

Baca juga: Hesnidar Al Haris Memuji Hidangan Rendang Ayam Kampung Daun Mali-Mali Khas Sarolangun

Baca juga: Hesnidar Al Haris Puji Hidangan Rendang Ayam Kampung Daun Mal Mali Sarolangun

Baca juga: Hesnidar Haris Serahkan Bantuan Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved