Breaking News:

Kasus Pemalsuan KTP di Jambi

Polda Jambi Tetapkan Satu THL Dinas Dukcapil Kota Jambi Tersangka Utama Pemalsuan KTP

Berita Jambi-Subdit V, Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jambi, akhirnya menetapkan satu orang Tenaga Harian Lepas (THL), sebagai tersangka utama

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Nani Rachmaini
ARYO TONDANG/TRIBUNJAMBI.COM
Kasus Pemalsuan KTP di Jambi, Polda tetapkan tersangka 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Subdit V, Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jambi, akhirnya menetapkan satu orang Tenaga Harian Lepas (THL), sebagai tersangka utama pemalsuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kantor Dinas Dukcapil Kota Jambi.

Pelaku yang diketahui berinisial F tersebut, merupakan THL di Kantor Dinas Dukcapil Kota Jambi, sejak beberapa waktu lalu.

Dalam menjalankan pemalsuan KTP tersebut, F sengaja merekrut calo yang ditempatkan di Kantor-kantor kelurahan, hingga Kantor Kecamatan.

Melalui calo tersebut, F kemudian menawarkan pembuatan KTP kepada masyarakat atau target yang ingin mencetak KTP secara cepat.

"Jadi, mereka mencari warga yang mau mengurus KTP, kemudian menawarkan pembuatan KTP dengan proses yang cepat, namun dengan melanggar prosedur," kata Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jambi, AKBP Wahyu Bram, Jumat (8/10/2021).

F dan rekan calonya membandrol harga satu pencetakan KTP mulai dari Rp 50 hingga Rp 500 ribu.

"Ya ada yang 50 ribu, 100 ribu sampai 500 ribu," tandas Bram.

Perbuatan tersebut kata Bram, tidak terpantau oleh pejabat di Kantor Dinas Dukcapil. Dimana, prosedur yang benar dalam pencetakan KTP, wajib melalu persetujuan atasan yang bersangkutan.

"Prosedur yang benar itu, pencetakan berdasarkan perintah pimpinannya, siapa yang dicetak ditentukan berdasarkan pimpinan," bilangnya.

F sendiri kata Bram, sengaja direkrut oleh Kantor Dinas Dukcapil Kota Jambi, lantaran pegawai yang berada di kantor tersebut, tidak sepenuhnya menguasai IT.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved