Breaking News:

Melihat Tradisi Turun Berumo, Budaya Masyarakat Muarojambi Memasuki Musim Tanam Padi

Memasuki masa tanam padi, masyarakat Desa Sekernan, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi menggelar doa bersama dan turun berumo.

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Hasbi
Masyarakat Desa Sekernan, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi menggelar doa bersama dan turun berumo. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Hasbi Sabirin

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Memasuki masa tanam padi, masyarakat Desa Sekernan, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi menggelar doa bersama dan turun berumo.

Tradisi turun berumo ini rutin dilakukan setiap tahunnya, karena itu sudah menjadi warisan dari nenek moyang yang terus lestarikan sebelum melaksanakan proses penanaman padi di sawah.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh warga Desa Sekernan yang memiliki lahan sawah dan tergabung pada kelompok tani.

Kegiatan itu juga mendapat dukungan dari pemerintah Desa Sekernan dan Dinas Pertanian Kabupaten Muarojambi.

Kepala Desa Sekernan Alamsyah mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan proses penanaman padi hingga panen bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

"Ke depannya diharapkan seluruh kelompok tani yang ada di Desa Sekernan bisa melaksanakan penanaman padi sawah secara serentak dengan memanfaatkan seluruh lahan sawah yang ada," kata Alamsyah Rabu (06/10/21).

Baca juga: Dua Pekerja Proyek Median Jalan di Kantor Bupati Ditabrak Mobil Dinas Pemkab Muarojambi

Baca juga: TNI Ambil Alih Lahan Rawan Karhutla di Kumpeh Ulu Muarojambi, Ini Kata Danrem

Dengan dukungan Dinas Pertanian Muarojambi dan Pemerintahan Desa, diharapkan kedepannya seluruh lahan sawah yang ada di dalam Desa Sekernan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani, sehingga masyarakat bisa mewujudkan swasembada beras.

Alamsyah juga berpesan kepada masyarakat desanya, dan para petani jika menemui permasalahan di lapangan agar bisa berkonsultasi dengan pihak Desa atau pun Dinas Pertanian.

Sementara itu, Ardi ketua kelompok Tani Cinto Kenang menyebut, kegiatan ini diikuti oleh para petani yang tergabung dalam beberapa kelompok di Desa Sekernan, ia berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahunnya.

"Harapan dari petani kegiatan tersebut bisa dilaksanakan atau menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, diharapkan dengan adanya doa bersama tersebut, hasil panen petani bisa lebih melimpah dan mendapatkan keberkahan," tutupnya.

(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved