Breaking News:

Prakiraan Cuaca di Jambi

Tiga Hari ke Depan Seluruh Wilayah Provinsi Jambi Berpotensi Hujan, Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Berita Jambi-Sejumlah wilayah di Provinsi Jambi berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dalam tiga hari ke depan.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Nani Rachmaini
Kulkann
Ilustrasi. Hujan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Sejumlah wilayah di Provinsi Jambi berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dalam tiga hari ke depan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BMKG Kelas I Sulthan Thaha, Ibnu Sulistyono, Selasa (5/10/21).

Sulistyono menjelaskan bahwa semua wilayah di Provinsi Jambi akan mengalami hujan berpotensi disertai angin kencang dan petir. Terhadap hal ini, Ia meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai dengan sejumlah potensi yang terjadi.

"Masyarakat kita himbau dan berhati-hati terhadap bencana yang dapat di timbulkan seperti longsor, banjir, pohon tumbang," imbaunya.

Secara umum katanya kondisi cuaca saat ini adanya Bibit Siklon Tropis 92W terpantau di Samudra Pasifik Barat, Filipina dengan kecepatan angin maksimum mencapai 20 kt dan tekanan 1005 mb.

Sistem ini diprakirakan bergerak ke arah barat laut dengan potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan yaitu tinggi.

"Sistem ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di sekitar wilayah barat Filipina dan membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) dari Laut Cina Selatan hingga Laut Sulu," katanya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di Samudra Pasifik Barat, utara Papua dengan kecepatan angin maksimum mencapai 15 kt dan tekanan 1009 mb.

Sistem ini kata Sulistyono diprakirakan bergerak ke arah barat laut dengan potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan yaitu rendah.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, di sepanjang daerah konvergensi dan di daerah konfluensi tersebut," ucapnya.

Sementara itu daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatera Selatan hingga Kepulauan Riau, dari Bangka Belitung hingga Selat Karimata bagian utara, dari Kalimantan bagian tengah hingga Kalimantan bagian Utara, dari Papua Barat hingga perairan utara Papua Barat, dan di Papua bagian tengah hingga Papua bagian
utara.

"Kondisi in mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut, termasuk wilayah Provinsi Jambi," terangnya. (*)

Baca juga: Sebagian Wilayah Jambi Memasuki Masa Pancaroba, Berikut Penjelasan BMKG Provinsi Jambi

Baca juga: Prakiraan Cuaca, Waspada Cuaca Ekstrem di 6 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved