Breaking News:

Berita Tanjabtim

Sudah Sepekan Stok Vaksin di Dinkes dan Beberapa Puskesmas di Tanjabtim Kosong

Berita Tanjabtim-Antusias masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 membuat sejumlah stok vaksin yang ada di Kabupaten Tanjabtim mulai habis.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
ABDULLAH USMAN/TRIBUNJAMBI.COM
Sudah Sepekan Stok Vaksin di Dinkes dan Beberapa Puskesmas di Tanjabtim Kosong 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Sudah sepekan terakhir pasokan vaksin jenis Sinovac di Kabupaten Tanjabtim habis, Dinas kesehatan sebut tidak berpengaruh pada proses vaksinasi, Senin (4/10/21).

Antusias masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 membuat sejumlah stok vaksin yang ada di Kabupaten Tanjabtim mulai habis di antaranya di Dinas Kesehatan dan beberapa puskesmas kehabisan stok vaksin.

Salah satu puskesmas yang kehabisan stok vaksin yaitu puskesmas Kecamatan Rantau Rasau. Akibatnya vaksin yang telah terjadwal harus tertunda.

Terkait hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Ernawati melalui Kabid P2P Jumiati ketika dikonfirmasi membenarkan jika untuk saat ini ada beberapa puskesmas yang memang stok vaksinnya habis.

"Memang saat ini vaksin jenis sinovac di Dinkes dan di beberapa Puskesmas kehabisan, Hal ini dikarenakan antusias masyarakat mengikuti vaksinasi semakin hari semakin meningkat," ujarnya.

"Meskipun ada beberapa puskesmas stok vaksinnya habis. Dan ada juga puskesmas yang stoknya masih ada," tambahnya.

Dikatakannya, bagi puskesmas yang memang kehabisan stok vaksin mau tidak mau harus mengundurkan jadwal vaksinasi yang telah ditetapkan.

Untuk permintaan vaksin sendiri puskesmas tidak dapat mengajukan jika masih ada puskesmas yang ketersediaan vaksinnya banyak.

"Bisa juga vaksin di puskesmas yang masih memiliki stok banyak dialihkan ke puskesmas yang stoknya habis."

"Namun harus dikembalikan terlebih dahulu ke Dinkes, baru didistribusikan kembali ke puskesmas. Akan tetapi rata-rata puskesmas telah memiliki jadwal vaksin," ujarnya.

Terkait dengan kekosongan vaksin di beberapa puskesmas ini tambah nya pihak Dinkes telah berkoordinasi dengan pihak provinsi. Dan dijadwalkan pada Selasa (5/10) penjemputan vaksin di Dinkes provinsi.

"Kita sudah koordinasi, Selasa, kita akan menjemput vaksin di Dinkes Provinsi," jelasnya.

Setelah penjemputan, lanjutnya pihak Dinkes akan segera mendistribusikan vaksin ke beberapa puskesmas yang telah kehabisan stok.

Sehingga jadwal vaksinasi yang telah terjadwal pada puskesmas bisa kembali dilanjutkan. (usn)

Baca juga: Ratusan Hektare Perkebunan Warga Tanjabtim Terancam Mati, Dampak Tak Normalnya Aliran Sungai Lambur

Baca juga: 12 Tahun Tak Pernah Dinormalisasi, Sungai Lambur Tanjabtim Nyaris Buntu oleh Tanaman Liar

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved