Breaking News:

Berita Tanjabtim

12 Tahun Tak Pernah Dinormalisasi, Sungai Lambur Tanjabtim Nyaris Buntu oleh Tanaman Liar

Sungai Lambur Tanjabtim terakhir dinormalisasi pada 2009, saat ini kondisi aliran sungai primer di Blok B Dusun III Desa Lambur dipenuhi rumput liar

Tribunjambi/Abdullah Usman
Sungai Lambur Tanjabtim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Terakhir dilakukan normalisasi pada tahun 2009, saat ini kondisi aliran sungai primer di Blok B Dusun III Desa Lambur I Kecamatan Sabak Timur, Tanjabtim dipenuhi rumput liar dan nyaris buntu.

Kondisi tersebut sangat di keluhkan masyarakat sekitar, pasalnya keberadaan aliran sungai primer tersebut sangat di butuhkan oleh masyarakat. Terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Pantauan Tribunjambi.com di lapangan, sungai yang memiliki panjang mencapai 45 km tersebut, kondisinya tidak jauh berbeda. Hampir setiap sungai terlihat ditumbuhi rumput liar yang sudah mencapai dasar sungai.

"Bukan hanya pada bagian pinggir sungai saja, saat ini tanaman liar sudah menguasai dasar sungai. Itu yang membuat sungai menjadi dangkal dan tersendat alirannya, " ujar Tokoh Masyarakat Desa Lambur I Masikun, Senin (4/10/2021).

Dengan kondisi tersebut, secara drastis masyarakat tidak dapat memanfaatkan air sungai ini seperti biasanya. Jika dahulu air sungai ini sangat bagus dan bersih sehingga untuk mencuci dan mandi masih nyaman di gunakan.

"Kalo sekarang sebenarnya masih digunakan warga untuk MCK, namun terkadang ada momen momen tertentu kualitas air berubah menjadi berbau busuk akibat lumut atau tanaman liar tadi, " ujarnya.

"Seperti sesudah hujan atau musim banjir, otomatis tidak bisa digunakan, " tambahnya.

Warga berharap, kepada pihak terkait baik itu PUPR ataupun instansi terkait dapat merespon hal ini. Mengingat kebutuhan dan keberadaan sungai ini sangat vital bagi masyarakat sekitar.

"Karena terakhir seingat saya pada tahun 2009 dilakukan Normalisasi, setelah itu hingga sekarang belum lagi tersentuh pengerukan oleh pemerintah," pungkasnya.

Baca juga: Macet Panjang di Jalan Desa Siau Tanjabtim, Jalan Siau-Lambur Bisa Alternatif untuk Ditempuh

Baca juga: Terkait Jalur Rempah Nusantara, Mencuat Wacana Ekskavasi Situs Makam Siti Hawa di Desa Lambur

Baca juga: Wacana Pemkab Ekskavasi Tahap Tiga Situs Perahu Kuno Lambur di Tanjabtim Mendapat Beragam Tanggapan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved