Breaking News:

Berita Tanjabtim

Tiga Bulan Tak Dapat Ekspor, Petani Kopra di Tanjabtim Merugi Ratusan Juta

Sudah tiga bulan terakhir tidak melakukan ekspor kopra, para petani kopra di Desa Lambur Kabupaten Tanjabtim alami kerugian ratusan juta.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Petani Kopra di Tanjabtim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sudah 3 bulan terakhir tidak melakukan ekspor kopra, para petani kopra di Desa Lambur Kabupaten Tanjabtim alami kerugian ratusan juta.

Pantauan Tribunjambi.com, di petani kelapa Desa Lambur I, meski pandemi saat ini mulai mereda. Namun untuk ekspor barang ke luar daerah masih belum berjalan maksimal.

Pasalnya, sudah tiga bulan terakhir petani kopra di Desa Lambur belum bisa melakukan ekspor ke luar Daerah. Terutama ke pulau Jawa yang biasanya rutin mereka lakukan setiap bulannya.

"Sudah tiga bulan terakhir ini kita tidak bisa melakukan ekspor keluar Daerah, karena memang mereka belum menerima barang," ujar Kateni petani kopra, Minggu (3/10/2021).

"Kalo sudah gini ya tentu kita mengalami kerugian tak sedikit, " tambahnya.

Dijelaskannya pula, dalam seminggu saja jika saat normal dirinya bisa mengirim kelapa ke luar daerah bisa Tiga hingga Empat kali, per sekali ngirimnya bisa 10 ribu.

"Untuk ekspor per pengiriman bisa 10 ribu dengan harga per butir Rp 3000, jika di total selama 3 bulan tidak ekspor kerugian bisa mencapai lebih Rp 800 jutaan," jelasnya.

Dikatakannya pula, untuk mengatasi permasalahan ekspor tersebut, saat ini pihaknya menyasar pasar lokal Provinsi. Meski secara kuota permintaan tidak terlalu banyak, namun hal tersebut mampu menutupi tidak berjalannya ekspor keluar tadi.

"Kalo dihitung materinya tentu jauh, tapi mau gimana lagi. Kita terus mencari mana yang sekarang masih menerima kelapa," jelasnya.

Dirinya berharap, pandemi ini dapat segera berakhir dan persoalan ekspor impor barang dapat berjalan normal seperti sedia kala dan perekonomian dapat berjalan normal.

Baca juga: 37 Koperasi di Tanjabtim Tahun Ini Dibubarkan, 186 Terancam Menyusul

Baca juga: Sehari Pasca Penggeledahan oleh Kejari, Kantor KPU Tanjabtim Beroperasi Seperti Biasa

Baca juga: Kebakaran Tanjabtim, Satu Unit Rumah Warga Mendahara Ulu Ludes Terbakar

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved