Breaking News:

Berita Jambi

Wagub Jambi Abdullah Sani Tinjau Persiapan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi di Tanjab Barat

Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani pastikan persiapan MTQ tingkat Provinsi Jambi sudah 99 persen. Abdullah Sani bilang MTQ dilaksanakan dengan prokes

Editor: Rahimin
Istimewa
Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani didampingi Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat meninjau persiapan MTQ 

TRIBUNJAMBI.COM – Kabupaten Tanjung Jabung Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Event Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jambi Ke-50. Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat tengah menyiapkan diri. Berbagai sarana dan prasarana tengah dipersolek untuk menyambut event bergengsi yang dimulai pada  3 s/d 7 Oktober 2021 mendatang ini. 

Wakil Gubernur Jambi Abdullah sani yang merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jambi Drs H Abdullah Sani, M.Pd.I meninjau langsung persiapan di lokasi utama pelaksanaan di Arena Utama MTQ ke 50 Tingkat Provinsi Jambi di Masjid Syeikh Ustman Tungkal yang terletak diwilayah Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir, Kamis (30/9/2021).

Dalam peninjauan wakil gubernur didampingi Staf Ahli Gubernur yang juga Plt Kepala Biro Kesramas Provinsi Jambi Ahmad Bastari, Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ahmad Muslih, Kabid Undang Undang Pol PP Jambi Hasan Kardi, kedatangan wagub dan rombongan disambut langsung Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Hairan berserta Forkompimda Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan OPD terkait.

Wagub dan rombongan meninjau 5 titik pada persiapan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi, peninjauan pertama, meninjau posko penyekatan bagi semua tamu yang datang di Kuala Tungkal, untuk diperiksa terlebih dahulu dan menunjukan kartu atau surat keterangan sudah divaksin atau terbebas dari Covid-19, di lokasi terminal Pembengis.  

Kedua, peninjauan dilanjutkan ke posko pemeriksaan kafilah, disini semua kafilah di periksa, kesehatannya juga dilakukan swab untuk memastikan para kafilah tidak terkonfirmasi Covid-19, bertempat di Gedung Lembaga Adat. 

Ketiga dilanjutkan peninjauan tempat pendaftar kafilah di Gedung Pemuda dan Olahraga. Dilanjutkan peninjauan di Pemondokan kafilah yang sudah disediakan oleh Pemerintah Tanjung Jabung Barat. 

Ke empat, wagub melanjutkan peninjauan di Arena utama pelaksanaan MTQ Ke-50 di Masjid Syeikh Ustman dan terakhir Wlwagub dan rombongan melanjutkan peninjauan di kantor Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Wagub yang merupakan ketua LPTQ Tingkat Provinsi menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka memberikan motivasi bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tanjab Barat untuk bekerja lebih baik dalam mempersiapkan pelaksanaan momen keagamaan dan persiapan sudah hampir mendekati selesai. 

"Saya melihat saat ini persiapan sudah mencapai 99, sekian persen, dan kita selalu berharap akan lebih baik lagi, serta dalam pelaksanaannya nanti harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang serius, harus kita kawal pengamanan ketaatan dan kepatuhan komponen baik itu panitia peserta maupun masyarakat,” tutur wagub.

"Pelaksanaan MTQ pada tahun ini sangat berbeda cara pelaksanaannya dibandingkan pada tahun sebelumnya, perencanaannya harus matang dan harus mempunyai konsep yang benar, pelaksanaanya dengan protokol Kesehatan yang benar benar dilaksanakan, mualai dari kafilah masuk, pendamping termasuk dewan juri semuanya kita periksa sesuai dengan protokol kesehatan, agar tidak menimbulkan yang tidak kita inginkan. 

Dalam cara pembukaan MTQ nanti kita tidak mengumpulkan orang banyak tidak seperti biasanya, pembukaanya dilapangan terbuka, untuk itu kami mohon maaf bagi masyarakat banyak tidak dapat menyaksikan secara langsung dilapangan, tapi kami sudah siapkan untuk cukup melihat dari rumah saja melaui TVRI kita akan LIVE untuk pembukaan dan seterusnya bisa buka di youtube," katanya wagub.

"Dalam peninjauan fisik semua persiapan insya Allah sudah siap, semua perencanaan yang sudah disepakati antara Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat baik pihak penyelenggara sudah terpenuhi semua yang disepakati, Insya Allah bisa berjalan dengan semestinya, mulai dari pembukaannya sampai penutupannya berjalan dengan lancar," sambungnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat menyampaikan, Pemerintah Tanjung Jabung Barat bersama seluruh lapisan masyarakat terlah berusaha semaksimal mungkin, mengerakan semua stakeholder yang ada di Tanjung Jabung Barat untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ ini.

"Selain itu kami menghimbau masyarakat Tanjung Jabung Barat untuk ikut mensuport seluruh kegiatan perlombaan yang diadakan pada MTQ ini, kegiatan ini akan ditanyangkan di TVRI secara LIVE dan juga di Yuotube, tanpa harus datang ke arena utama. Mulai hari ini sampai 8 Oktober kita akan banyak mengadakan pegetatan untuk menjaga antisipasi, mudah mudahan harapan kita semua masyarakat dapat dalam keadaan sehat, sehingga kegiatan MTQ tidak terganggu," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Jambi Janjikan Bonus Umrah untuk Kafilah Juara di MTQ ke-50 di Tanjab Barat

Baca juga: Lepas Kafilah ke MTQ Tingkat Provinsi, Mashuri Sebut Merangin Tak Punya Target Karena Pandemi

Baca juga: Wali Kota Sungai Penuh Lepas Keberangkatan Kafilah untuk MTQ Tingkat Provinsi Jambi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved