Breaking News:

Status Siaga Karhutla Berakhir, BPBD Tanjab Timur Kini Siaga Banjir

Setelah status siaga karhutla dicabut, kini BPBD Tanjab Timur himbau warga untuk waspadai musim pancaroba.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Abdullah Usman
Angin puting beliung menghantam Kecamatan Kuala Jambi beberapa waktu lalu, curah hujan tinggi diperkirakan akan intens terjadi di Tanjabtim.  

Laporan wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Status siaga karhutla di Kabupaten Tanjab Timur resmi dicabut pada 30 September 2021 kemarin.

Pihak BPBD Tanjab Timur himbau warga untuk waspada musim pancaroba

Dikatakan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanjab Timur, Indra S Gunawan menuturkan, saat ini intensitas curah hujan di Tanjab Timur terbilang tinggi. 

"Saat ini kita sudah mulai memasuki musim pancaroba, dimana musim penghujan sudah semakin tinggi, " ujar Indra, Jumat (1/10).

Setelah status siaga darurat karhutla resmi dicabut, saat ini BPBD Tanjabtim beralih ke persiapan siaga banjir. Meski saat ini kondisi volume air Sungai batanghari masih stabil. 

Saat ini volume air sungai di Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak, yang memang menjadi patokan di Tanjabtim masih masuk kategori aman. 

"Kalo untuk persiapan ancaman banjir belum, hanya saja saat ini kita menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati hati akan dampak penyakit yang ditimbulkan oleh pancaroba," ujarnya. 

Lanjutnya, untuk Pancaroba sendiri akan berlangsung lebih kurang selama Satu bulan ini. Dan perkiraannya pada bulan November mendatang baru memasuki musim penghujan. 

"Puncaknya penghujan ini akan terjadi pada awal Januari nanti. Itu sesuai perkiraan data BMKG yang kita Terima, " pungkasnya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved