Breaking News:

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Mashuri Minta Jaga Keutuhan Pancasila 

Bupati Merangin, Mashuri mengimbau agar Pancasila terus dipertahankan. Hal itu dikatakan saat Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Darwin
Bupati Merangin, Mashuri mengimbau agar Pancasila terus dipertahankan. Hal itu dikatakan saat Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, halaman Kantor Bupati Merangin, Jumat (1/10/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Pancasila sebagai landasan hukum, ideologi negara dan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), harus terus dijaga dan dipertahankan. 

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara itu dikatakan Mashuri, Bupati Merangin usai peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati, Jumat (1/10/2021).

Mashuri mengatakan setelah dua tahun dilaksanakan secara virtual, pada peringatan hari kesaktian Pancasila tahun ini dilakukan secara langsung, dengan jumlah peserta sangat terbatas sekali.

Menurutnya, kedudukan Pancasila sebagai kaidah negara yang fundamental atau mendasar memiliki sifat tetap, kuat dan tidak dapat diubah oleh siapapun.

Untuk itu dia meminta dan mengimbau agar Pancasila harus terus dipertahankan dan dijaga dengan baik.

Direrangkannya, dalam buku Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara (2012) karya Ronto bahwa mengubah Pancasila berati membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.

Sedangkan Pancasila sebagai dasar negara mempunyai makna sebagai dasar untuk menata negara yang merdeka dan berdaulat. Sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih dan berwibawa.

"Menjaga keutuhan negara kita, Pancasila sebagai landasan, dasar hukum di negara kita," katanya.

Baca juga: Bupati Merangin Mashuri Tegaskan Batalkan Beli Mobnas, Semua Diserahkan ke OPD

Baca juga: Lepas Kafilah ke MTQ Tingkat Provinsi, Mashuri Sebut Merangin Tak Punya Target Karena Pandemi

Sehingga tercapai tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea 4. Sebagai dasar, arah dan petunjuk aktivitas kehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tersebut, berlangsung khidmat diikuti para peserta dari kesatuan TNI, Brimob, Polri, Satpol PP, Damkar, BPBD dan Korpri. Hadir juga sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Merangin. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved