Breaking News:

Virus Corona

Kabar Baik Buat Penyintas Covid-19, Sebulan Setelah Sembuh Bisa Disuntuk Vaksin

Penyintas Covid-19 setelah dinyatakan sembuh, tidak perlu waktu lama lagi untuk mendapatkan suntik vaksin Covid-19. Ini sesuai aturan baru

Editor: Rahimin
tribunjambi/mareza sutan
Ilustrasi vaksinasi - Kabar Baik Buat Penyintas Covid-19, Sebulan Setelah Sembuh Bisa Disuntuk Vaksin 

TRIBUNJAMBI.COM - Untuk penyintas Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, bisa segera mendapat suntik vaksin.

Hal itu dikatakan Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu.

Suntik vaksin ini untuk penyintas Covid-19 bergejala ringan.

Menurut Maxi Rein Rondonuwu, penyintas atau seseorang yang pernah mengalami positif Covid-19 bisa disuntikkan vaksin setelah satu bulan dinyatakan sembuh dan hasil swab negatif.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor HK.02.01/I/2524/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyintas.

Artinya, Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/Menkes/4638/2021 tentang Petunjuk Teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19 sudah tidak berlaku.

"Di keputusan menkes itu disebutkan bahwa penyintas boleh divaksinasi setelah tiga bulan dinyatakan sembuh," katanya dilansir dari siaran pers di laman resmi Sekretariat Kabinet, Jumat (1/10/2021).

Dalam peraturan baru, kata Maxi Rein Rondonuwu, SE tentang vaksinasi Covid-19 bagi penyintas, disebutkan penyintas boleh divaksinasi setelah satu bulan dan tiga bulan dinyatakan sembuh, tergantung derajat keparahan penyakit,

Dijelaskan Maxi Rein Rondonuwu, vaksinasi Covid-19 dalam aspek ilmiah dan medis bersifat dinamis dan terus mengalami perkembangan.

Data-data terkini dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional, atau ITAGI melalui surat nomor 98/ITAGI/Adm/IX/2021 tanggal 20 September 2021 telah mengeluarkan kajian dan rekomendasi terbaru mengenai pemberian vaksinasi bagi penyintas Covid-19.

Dengan demikian telah ditentukan bahwa penyintas dengan derajat keparahan penyakit ringan sampai sedang, vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal satu bulan setelah dinyatakan sembuh.

Untuk penyintas dengan derajat keparahan penyakit yang berat, vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal tiga bulan setelah dinyatakan sembuh.

"Jenis vaksin yang diberikan kepada penyintas disesuaikan dengan logistik vaksin yang tersedia," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Baca juga: Penyintas Covid-19 Tidak Bisa Mengikuti Tes SKD CPNS? Simak Syarat Wajib Harus Dipatuhi

Baca juga: Update Kasus Covid-19 Kota Jambi, Kasus Aktif Terus Menurun

Baca juga: Wali Kota Jambi Terima Vaksin Kedua, Setelah Jadi Penyintas Covid-19

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved