Penyelundup Sisik Trenggiling Ditangkap

Ditangkap Tim Gabungan KLHK dan BKSDA, Dua Penyeludup 8 Kg Sisik Trenggiling Digiring ke Mapolda

Berita Jambi-BKSDA Provinsi Jambi dan Polda Jambi, berhasil meringkus dua penyelundupan satwa dilindungi.

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Nani Rachmaini
ARYO TONDANG/TRIBUNJAMBI.COM
Penyelundup Sisik Trenggiling Ditangkap, 30 September 2021, pelaku diamankan ke Mapolda Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Tim Gabungan Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatra (BPPHLHKS), BKSDA Provinsi Jambi dan Polda Jambi, berhasil meringkus dua penyelundupan satwa dilindungi.

Dari kedua pelaku, Redho Ardiansah dan Wahyu Arianto, petugas amankan 8 Kg sisik trenggiling yang dikemas di dalam sebuah dus berbentuk kotak.

Kepala BKSDA Provinsi Jambi, Rahmat Saleh mengiyakan, terkait penangkapan dua pelaku perdagangan satwa dilindungi tersebut.

"Iya dua orang kita tangkap bersama tim gabungan," kaya Rahmat, Kamis (30/9/2021) sore.

Ia melanjutkan, penangkapan pelaku dilakukan di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Desa Rengas Bandung, Sengeti, Muaro Jambi, Rabu (29/9/2021) pukul 13.00 WIB.

Dua pelaku, diduga telah melakukan tindak pidana memperniagakan menyimpan atau memiliki kulit, tubuh, atau bagian-bagian lain Satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian satwa tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat di dalam atau di luar Indonesia sebagaimana Pasal 21 ayat (2) huruf d dengan ketentuan pidana Pasal 40 ayat (2), Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto mengungkapkan, saat ini, kedua pelaku telah diamankan di Rutan Mapolda Jambi, guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Iya, betul, Petugas Gakkum KLHK Wilayah Sumatera bersama BKSDA Jambi dan Polda Jambi telah melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku dan saat ini kedua pelaku tersebut ditahan di Rutan Polda Jambi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Mulia.

Dalam kegiatan tersebut, Personel Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Jambi, memberikan bantuan pendampingan kepada PPNS Balai pengamanan dan penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan wilayah sumatra (BPPHLHKS) Pada kegiatan operasi peredaran tumbuhan dan satwa liar.

Selain amankan barang bukti sisik trenggiling, petugas juga turut amankan satu unit sepeda motor dan handphone milik pelaku. (*)

Baca juga: Pelaku Penyelundupan Sisik Trenggiling di Muarojambi Diamankan, Kini Dibawa ke Polda Jambi

Baca juga: BKSDA Jambi Evakuasi Buaya di Muarojambi ke Batanghari

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved