Berita Kota Jambi

Saleh Ridha Pernah Jabat Sekretaris Lurah, Kini Jadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi

Menapaki karir dari jabatan Sekretaris Kelurahan, kini Muhammad Saleh Ridha, menjadi ASN Esselon II yang kini duduk menjadi Kepala Dinas Perhubungan K

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, M Saleh Ridha. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - "Tim yang kuat akan membawa percepatan pencapaian tujuan. Karena sehebat apapun kepala dinas, kalo tim nya tidak bisa di manfaatkan itu akan sulit mencapai tujuan," sebut Muhammad Saleh Ridha, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi sebagai moto hidupnya.

Menapaki karir dari jabatan Sekretaris Kelurahan, kini Muhammad Saleh Ridha, menjadi ASN Esselon II yang kini duduk menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi.

Ridha menceritakan bahwa perjalanan karir dirinya menjadi ASN hingga kini menjadi Kadishub Kota Jambi harus melalui perjalanan panjang.

Ia menyebut usai lulus dari STPDN pada 2002 Ia kemudian di tempatkan menjadi Sekretaris Kelurahan Eka Jaya, Kota Jambi.

Setidaknya kurang lebih lima tahun Ia mengabdi untuk warga Kelurahan Eka Jaya yang kemudian Ia di pindahkan menjadi Sekretaris Kecamatan.

"Sekretaris kelurahan itu dari 2002 sampaj 2017, kemudian sudah itu pindah jadi Sekcam Jambi Timur sampai 2010. Kemudian pindah lagi dengan posisi yang sama itu jadi Sekcam dari 2010 sampai 2012 di Kecamatan Jambi Selatan," sebut Ridha.

Lebih lanjut disampaikan oleh Ridha bahwa usai menjadi Sekcam di Kecamatan Jambi Selatan, Ia kemudian diberikan amanah yang lebih untuk menjadi seorang camat.

Tepatnya pada 2012 hingga 2015, ada lebih kurang tiga tahun Ia memimpin wilayah Kecamatan Jambi Selatan.

"Jadi memang dari bawah kita di tugaskan untuk bagaimana memberikan pelayanan dan berdedikasi untuk masyarakat. Jabatan apa pun yang ada di saya, saya menilainya sebagai tanggungjawab yang harus saya lakukan dengan ikhlas," ungkapnya.

Baca juga: Kenali Ciri Juru Parkir dan Lokasi Parkir Liar Versi Dinas Perhubungan Kota Jambi

Pada posisi menjadi Camat, Ridha mendapat penghargaan sebagai Camat teladan tingkat Provinsi Jambi.

Hal ini tentu menjadi kebanggan bagi dirinya, meskipun Ia memaknai bahwa penghargaan yang diberikan adalah bonus dari apa yang Ia bersama orang sekitarnya.

"Karena saya tidak bekerja sendiri, support dari keluarga, teman dan rekan kerja, serta staff yang ada menjadi penentu juga. Artinya penghargaan apa pun bukanlah untuk saya pribadi melainkan untuk bersama," sebutnya.

Usai menjadi Camat, pada 2015 hingga 2017 Ridha mendapat amanah untuk menjadi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Berprinsip untuk tetap maksimal dalam menjalankan setiap jabatan yang ada, pada 2016 dan 2017 Ridha membawa kontigen Kota Jambi sebagai Juara Umum MTQ tingkat Provinsi Jambi.

"Jadi saya berprinsip dan memiliki keyakinan bahwa jika saya memudahkan urusan orang lain maka insha allah urusan mu akan di permudah," tuturnya.

Tidak sampai di sana, usai menjabat menjadi Kabag Kesra, 2017 hingga saat ini, Ia di percaya memimpin dan membuat sejumlah program untuk perbaikan di perhubungan Kota Jambi. Ridha di percaya untuk menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi.

Alhasil, pada 2019, Dinas Perhubungan Kota Jambi meraih Penghargaan Wahana Tata Nugraha yaitu penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Hasil ini juga disebutkan oleh Ridha adalah kerjasama dari seluruh pihak yang ada dan kedepan masih ada pekerjaan rumah yang harus di selesaikannya

"Saya sendiri memaknai bahwa ini bukan keberhasilan saya pribadi. Kita kerja butuh tim work, butuh kerjasama tim yang memang seluruh tim harus di gerakkan, sekecil apapun peran dari bawahan tetap kita hargai," pungkasnya.

Baca juga: Mengenal Sosok Saleh Ridha, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Masuk Nominasi ASN Awards

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved