Breaking News:

Kisah Bayu Putra Yuda, Atlet Disabilitas Berprestasi di Jambi yang ingin menjadi PNS

Bayu Putra Yuda, atlet renang disabilitas yang akan mewakili Jambi pada ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XX Papua 2021.

Kisah Bayu Putra Yuda, Atlet Disabilitas Berprestasi di Jambi yang ingin menjadi PNS
ist
Bayu Putra Yuda, Atlet Disabilitas Berprestasi di Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Waktu menunjukan Pukul 16.00 wib sore, tengah bersiap-siap seorang perenang dengan kondisi satu kaki yang berbeda dengan kaki lainnya memasuki kolam renang.

Ia adalah Bayu Putra Yuda, atlet renang disabilitas yang akan mewakili Jambi pada ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XX Papua 2021.

Terlahir dari keluarga petani sederhana di Lubuk Resam, Kecamatan Cermin Nan Gedang, Kabupaten Sarolangun pada 28 tahun silam.

Anak pertama dari dua bersaudara ini trlahir dalam keadaan difabel, dengan satu kaki yang tidak tumbuh secara normal, namun hal itu tidak mematahkan semangatnya untuk bisa terus meraih prestasi.

Kisah ini dimulai sejak ia masih kanak kanak yang tinggal di sebuah kampung yang dilintasi aliran sungai, menjadikan dirinya dan teman-temannya terbiasa dengan air dan wajib hukumnya bisa berenang. Dan Inilah modal awal dirinya untuk bisa menjadi atlet renang.

Di lingkungan kampungnya ia beraktifitas normal seperti biasanya, keadaan kaki yang sedikit berbeda tidak membuat dirinya dijauhi

Di lingkungan kampung dan di sekolah ia sama dengan yang lain tidak dibeda-bedakan, karena ia berada di lingkungan kampung yang budayanya masih terjaga dan tradisi sosialnya tinggi.

Tetapi kadang ia juga merasa minder karena terlahir berbeda dari teman-teman yang lain dan sering berfikir "kok saya terlahir seperti ini," yang terucap dari bibirnya.

Ia telah menjadi atlet renang selama 14 tahun sejak tahun 2007 saat masih duduk di kelas 2 SMP.

Cerita perjalanan panjangnya dimulai saat ia duduk dibangku SMP tepatnya di SMP Negeri 30 Lubuk Resam.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved