Breaking News:

Berita Muarojambi

Terpaksa Panen Lebih Awal, 40 Tumbuk Lahan Sawah Warga Sarang Burung Muarojambi Terendam Banjir

Sebanyak 40 tumbuk lahan padi sawah milik warga Desa Sarang Burung, Kecamatan Jaluko Kabupaten Muarojambi terendam banjir.

Tribunjambi/Hasbi
Warga Desa Sarang Burung, Kecamatan Jaluko Kabupaten Muarojambi saat berada di lahan sawah yang terendam banjir. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUAROJAMBI - Sebanyak 40 tumbuk lahan padi sawah milik warga Desa Sarang Burung, Kecamatan Jaluko Kabupaten Muarojambi terendam banjir.

Buah padi yang sudah mulai menguning itu terlihat mengapung diatas permukaan genangan banjir setinggi orang dewasa tersebut.

Dengan kondisi seperti itu, pemilik sawah harus terpaksa melakukan pemanenan sejak awal tanpa harus menunggu padi nya kuning secara merata.

Terpantau juga ia harus rela pilih satu persatu padi yang kuning untuk dituai ditengah genangan banjir setinggi dada orang dewasa tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Syukur pemilik sawah yang berhasil diwawancarai mengatakan, lahan sawah miliknya sudah sering direndami banjir.

Banjir yang menggenangi lahan sawahnya itu akibat luapan sungai Batanghari dan curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu lalu.

"Sebenarnya padi ini belum umurnya untuk di panen, namun kondisinya sudah direndam banjir seperti ini terpaksa panen lebih awal dari pada dak dapat menikmati hasilnya sama sekali," kata Syukur Selasa (28/9/2021).

Ia juga mengakui, padi yang ia tuai itu belum matang secara merata, dengan kondisi seperti itu terpaksa ia melakukan pemanenan akibat terendam banjir.

Saat diketahui, lahan sawah nya digenangi banjir itu sudah terjadi selama tiga hari yang lalu.

Baca juga: 600 Hektare Lahan Pertanian dan Sawah Masyarakat Kumpe Ulu akan Dinormalisasi Tahun Ini

Baca juga: Ratusan Hektar Sawah di Kota Sungai Penuh Tak Bisa Digarap, Kenapa?

Baca juga: Ini Penyebab Dua Kelompok Remaja di Sawah Besar Tawuran, 6 Orang Ditangkap Polisi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved