Breaking News:

Mas Menteri Nadiem Makarim akan Minta Dukungan Presiden Jokowi Memajukan Candi Muaro Jambi

Berita Jambi-Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim mengunjungi kawasan Candi Muaro Jambi, Rabu (22/9/2021).

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
MONANG/TRIBUNJAMBI.COM
Mas Menteri Nadiem Makarim di kawasan Candi Muaro Jambi, 22 September 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim mengunjungi kawasan Candi Muaro Jambi, Rabu (22/9/2021).

Yang mana situs candi ini merupakan lokasi bertemunya ragam kebudayaan pada abad ke 7 hingga 12 masehi.

Sampai di sana, menteri yang akrab disapa Mas Menteri ini, melihat kemegahan Situs Candi Kedaton yang luasnya sekitar empat hektare lebih dan memiliki banyak ruangan. Yang kemudian, ia mengunjungi Situs Candi Tinggi.

"Inilah kampus yang berdiri ratusan lalu, dan kampus yang sudah merdeka. Artinya, murid dari India dan Cina belajar di sini untuk menekuni berbagai macam ilmu," ungkap Mas Menteri, Rabu (22/9/2021).

Ia pun mengatakan tidak ada yang mengalahkan luasnya kawasan Candi Muaro Jambi di Indonesia. Sehingga menjadi hal yang besar jika dapat merestorasinya dengan maksimal.

"Itu akan menjadi satu hal yang besar jika kita serius untuk merestorasinya. Ini bukan hanya tempat untuk berkunjung masyarakat Indonesia, tapi dari dunia," tuturnya.

Mas Menteri pun akan melaporkan kunjungannya di Jambi kepada Presiden Joko Widodo. Dan akan meminta dukungan untuk memajukan situs Candi Muaro Jambi ini.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan pihaknya menunggu masterplan dari Kemendikbudristek. Dirinya setuju kawasan ini menjadi proyek nasional.

"Ke depan ini menjadi tempat pembelajaran saintifik dan sejarah. Nanti boleh meneliti susunan bata di candinya, dan sejarah asal usulnya," pungkasnya.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Nadiem Makarim Bermalam di Kawasan SAD, Serap Keluh Kesah Orang Rimba di Sarolangun

Baca juga: Pelaksanaan Festival Candi Muaro Jambi Tak Hanya Diikuti Daerah Sekitar, Juga Provinsi Tetangga.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved