Breaking News:

Rianti Senang Jadi Peserta JKN-KIS, Banyak Sekali Manfaatnya

Banyak manfaat yang dirasakan menjadi peserta program JKN-KIS BPJS Kesehatan, terutama untuk biaya peribaran

Editor: Rahimin
Istimewa
Rianti Senang Jadi Peserta JKN-KIS, Banyak Manfaatnya 

TRIBUNJAMBI.COM - Gratis?? Kata singkat yang membuat hati setiap orang senang mendengarnya apalagi dikala musibah sakit datang melanda. Pasti setiap orang sangat mengharapkannya. Karena ketika sakit tidak pusing lagi untuk memikirkan pembiayaan berobat. 

Begitulah yang dirasakan oleh Rianti gadis berusia 25 tahun tersebut yang merupakan peserta dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menurut wanita yang akrab disapa Jeng Riri itu, banyak manfaat yang dirasakan saat terdaftar sebagai anggota JKN-KIS. "Yang saya rasakan, memang banyak manfaatnya. Terutama masalah biaya pengobatan, rawat jalan ataupun rawat inap," kata Riri panggilan akrabnya.

Wanita yang saat ini bekerja di salah satu bank swasta di kota Jambi itu menceritakan, dirinya sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak pertama kali diluncurkannya program tersebut oleh pemerintah pada awal 2014. Ditambah saat menjadi seorang karyawan bank sudah pasti dapat fasilitas tersebut dari kantor.

"Karena memang saya membutuhkan kartu JKN-KIS untuk jaminan kesehatan saya, dan saya Alhamdulillah sangat senang dan bersyukur sekali menjadi anggota dari JKN-KIS," ucap wanita asal Jatinangor, Sumedang tersebut.

Riri mengatakan dirinya sudah beberapa kali merasakan manfaat dari peserta JKN-KIS, termasuk manfaat tambahannya seperti layanan kaca mata dan sakit ringan lainnya. 

“Biasanya saya menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat ke rumah bidan terdekat, dan puskesmas karena saya sering demam, dan juga pernah dirawat di rumah sakit. Dengan memanfaatkan JKN-KIS saya tidak pernah mengeluarkan uang saku untuk  biaya pengobatan," katanya lagi.

Rianti juga pernah memproses klaim kacamata dengan menggunakan kartu JKN-KIS, terdapat nominal yang ditanggung BPJS Kesehatan, sesuai dengan Kelas Kepesertaan kita. Untuk Kelas 1 ditanggung sebesar Rp. 300.000,-, Kelas 2 ditanggung sebesar Rp. 200.000,-, dan Kelas 3 ditanggung sebesar Rp. 150.000,-.

Untuk pembelian kacamata dan pemberian obat gratis sesuai dengan kelas kepesertaan kita, dari pemeriksaan sampai pemberian kacamata,obat beserta lainnya, saya tidak ada mengeluarkan biaya sedikitpun, karena menurut saya dengan nominal segitu sudah cukup bagus kacamata nya," ucapnya dengan penuh senyum.

Rianti mengakui, begitu  mudahnya urusan kesehatan bersama JKN-KIS. Dirinya sangat terbantu dengan program JKN-KIS. Menurutnya lagi, jika tidak memiliki JKN-KIS mungkin dirinya tidak sanggup untuk melakukan pengobatan sampai ke rumah sakit.

"Sangat banyak kemudahan bagi kita sebagai rakyat biasa dengan adanya program dari BPJS Kesehatan. Bagi warga lain yang memiliki kartu JKN-KIS, manfaatkanlah sebaik mungkin. Karena Pelayanan Kesehatan yang dijamin oleh program JKN-KIS tidak dibeda-bedakan dengan pelayanan Kesehatan peserta umum, obat maupun pelayanan sangat baik," ucapnya lagi.

Rianti menilai, kesehatan adalah nomor satu. Jika sakit maka berobatlah, apalagi bagi yang memiliki kepesertaan program JKN-KIS, pasti sangat bermanfaat.(*)

Baca juga: Diana Peserta Program JKN-KIS Rasakan Manfaat Besar, Berobat Tak Khawatir Biaya

Baca juga: Jonathan Peserta Program JKN-KIS Rasakan Manfaat Layanan Mata, Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan

Baca juga: Akses Layanan Kesehatan Makin Mudah Sejak Ada Program JKN-KIS

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved