Breaking News:

Kurangi Sampah Plastik, World Cleanup Day Jambi Lakukan Aksi Nyata Bersihkan Sungai Meram

World Cleanup Day (WCD) Jambi menggelar kegiatan Aksi Clean Up On Site bersama Wakil Wali Kota Jambi dengan membersihkan Sungai Meram (Makalam).

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Ade
World Cleanup Day (WCD) Jambi menggelar kegiatan Aksi Clean Up On Site bersama Wakil Wali Kota Jambi, Maulana dengan membersihkan Sungai Meram (Makalam). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - World Cleanup Day (WCD) Jambi menggelar kegiatan Aksi Clean Up On Site bersama Wakil Wali Kota Jambi dengan membersihkan Sungai Meram (Makalam) dan Kampung Pulo Kel. Orang Kayo Hitam Kota Jambi.

Leader WCD Maretha mengatakan "Kegiatan ini meruapkan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh WCD Jambi, dan kegiatan ini serentak diadakan oleh WCD di seluruh provinsi di Indonesia," jelasnya.

Tujuan diadakan kegiatan ini ialah sebagai upaya mengurangi sampah plastik sebisa mungkin di Indonesia khususnya Jambi.

"Hari ini kami menggelar kegiatan tahunan yang diadakan serentak di seluruh Indonesia, dalam upaya mengurangi sampah dan kami dari WCD berpartisipasi sekitar 31 orang dan untuk keseluruhan termausk komunitas totalnya ada 100 orang," tambahnya.

Sebelumnya WCD sudah survey beberapa kali untuk mencari lokasi dan lokasi ini dipiliha karena lokasi ini merupakan lokasi yang paling banyak sampah.

"Untuk lokasi nya kami juga tidak sembarangan, kami sempat survey beberapa kali bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan DLH menyarankan di dua lokasi ini karena memang di area ini sampah paling banyak," lanjutnya.

World Cleanup Day (WCD) Jambi menggelar kegiatan Aksi Clean Up On Site bersama Wakil Wali Kota Jambi dengan membersihkan Sungai Meram (Makalam).
World Cleanup Day (WCD) Jambi menggelar kegiatan Aksi Clean Up On Site bersama Wakil Wali Kota Jambi dengan membersihkan Sungai Meram (Makalam). (Tribunjambi/Ade)

CO Leader WCD Ahmad Muzakkir mengatakan "Agar mempermudah masyarakat, dalam pilah sampah, pilah sampah ini dibagikan menjadi 2 jenis yaitu sampah organik dan anorganik dan di muaki dari rumah masing-masing," jelasnya.

"Dengan kegiatan ini diharapkan tercipta kesadaran masyarakat kota Jambi untuk bisa memilah sampah dirumah dan tidak buang sampah sembarangan," tambahnya.

Dalam kegiatan ini wakil walikota Jambi Maulana turut hadir dan memberikan sambutan dan sangat mengapresiasi kegiatan ini selain itu juga wakil walikota Jambi turut memilah sampah antara sampah organik dan anorganik.

Baca juga: Warga Mengeluh Bau Busuk, Tumpukan Sampah Berserakan Dekat Kampus UIN STS Jambi

Baca juga: Butuh Limbah Cair dan Satu Kubik Sampah Organik Bila se-Kota Jambi Gunakan Gas Metan

Ketua Dinas Lingkungan Hidup Ardi menyampaikan kegiatan ini sangat bagus dan kegiatan ini upaya bagaimana membuat bumi ini bersih terutama pada Provinsi Jambi dan Kota Jambi.

"Ayo bersama-sama, bahu membahu kita mengadakan aksi bersih-bersih, terutama bagaiman kita mengolah sampah ini bisa bermanfaat dan sampah-sampah yang sudah kita kumpulakan kita gunakan kembali," jelasnya.

"Untuk mengolah sampah biasakan memilah sampah dari rumah baik sampah organik dan sampah anorganik, yang organik bisa kita manfaatkan sebagai pupuk atau sebagai yang bermanfaat lainnya, dan yang anorganik bisa kita daur ulang atau kita recycle,," tutupnya.

Ia juga mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, dan mudah-mudahan dengan ini anak muda benar-benar peduli lingkungan.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved