Breaking News:

Berita Jambi

Produksi Ikan Laut di Jambi Tinggi Selama Pandemi, Namun Sulit Pemasarannya

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi mencatat nilai tertinggi dari produksi ikan laut Jambi selama 2021, sebesar Rp 647 juta...

Tribunjambi/Ade Setyawati
Penjual ikan laut di Pasar Angso Duo Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sumber daya alam dari lautan Indonesia sangatlah berlimpah. Sebab wilayah Indonesia sendiri dua pertiganya berupa lautan.

Dengan kondisi wilayah seperti ini, tentu berdampak pula dengan hasil laut di Jambi.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi mencatat nilai tertinggi dari produksi ikan laut Jambi selama 2021, sebesar Rp 647 juta, yakni pada hasil ikan jenis udang putih.

Kemudian produksi ikan laut di laut Jambi terbesar selama 2021 ini yakni produksi udang grogo, dengan produksi 70,4 ton dengan nilai Rp 543,4 juta.

Yeni Afriyanti, Kasi Kenelayanan dan Usaha Perikanan Tangkap, DKP Provinsi Jambi menyatakan, tipikal laut Jambi ini merupakan laut yang berlumpur.

Sehingga untuk tangkapan hasil laut asli Jambi hanya sejenis udang, kepiting, rajungan, dan jenis ikan yang hidup di laut berlumpur.

"Laut asli Jambi hanya ada di area Provinsi Jambi di bagian Timur. Yakni di Tanjung Jabung Barat dan Timur. Dan laut kita jenisnya laut berlumpur, sehingga hasil tangkapan di laut kita paling banyak jenis udang," ungkapnya.

Untuk hasil tangkapan dari perairan Timur Jambi, Yeni mengungkapkan ada yang langsung dijual langsung untuk diolah kembali, dan ada pula untuk diekspor.

Baca juga: Ikan Laut Termahal di Aceh Singkil Janang Seperti Apa Rupa dan Rasanya?

"Untuk yang diekspor biasanya di simpan di gudang penyimpanan baik di Tanjabtim dan Tanjabbar. Nanti dimasukan ke dalam boks berisi es. Nanti ikan-ikan itu dibuat pingsan agar tidak stres dalam perjalanan," paparnya.

Untuk gudang penyimpanan untuk ikan jenis udang, diungkapkan Yeni gudang penyimpanan terdapat di daerah Nipah Panjang (Tanjabtim) dan Tungkal (Tanjabbar).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved