Breaking News:

Berita Bungo

Tiga Desa di Bungo Jambi Rentan Rawan Pangan

Tiga desa di Kabupaten Bungo Jambi dikategorikan rentan rawan pangan. Tiga desa tersebut berada di tiga kecamatan. Desa Batu Kerbau Kecamatan Pelepat,

Penulis: Muzakkir | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Kabid Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo Joni Ali 

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO - Tiga desa di Kabupaten Bungo dikategorikan rentan rawan pangan. Tiga desa tersebut berada di tiga kecamatan.

Desa yang pertama adalah Desa Batu Kerbau Kecamatan Pelepat, kemudian Desa Talang Sungai Bungo kecamatan Rantau Pandan dan terakhir Sungai Telang kecamatan Batin tiga Ulu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo melalui Kabid Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo Joni Ali menyebut, angka tersebut sudah menurun, dimana beberapa tahun silam terdata lebih dari enam desa yang rentan rawan pangan.

"Alhamdulillah itu sudah turun. Sebelumnya pernah enam desa, termasuk Aur Cino," kata Joni Ali, beberapa waktu lalu.

Kata Joni, ada beberapa faktor atau penyebab sehingga terjadi hal yang demikian, diantaranya data luas lahan sawah, sarana dan prasarana penyedia pangan, tingkat kesejahteraan petani (data miskin), insfratruktur jalan dan penggunaan air bersih serta tenaga kesehatan.

Seperti di Batu Kerbau, disana termasuk kekurangan sarana air bersih, kemudian infrastruktur dan lain sebagainya.

"Kita menetapkan itu sesuai dengan kriteria dan ketentuan," imbuhnya.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya akan berupaya keras untuk melakukan pemerataan seperti desa-desa lainnya.

"Kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Seperti kesehatan, kita akan koordinasi dengan dinas kesehatan, infrastruktur, kita akan koordinasi dengan PUPR, begitu juga dengan yang lainnya," jelas Joni.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved