Breaking News:

Khazanah Islami

Keutamaan Puasa Daud dan Tuntunan Mengerjakannya

Artikel ini membahas niat Puasa Daud, Puasa Daud, atau Puasa Nabi Daud lengkap keutamaan Puasa Daud

Editor: Heri Prihartono
Bacaan Niat Puasa Daud dan keutamaan Puasa Daud 

TRIBUNJAMBI.COM -  Puasa Nabi Daud atau Puasa Daud adalah  puasa sunnah yang dikerjakan selang seling misal sehari puasa besok tidak begitu seterusnya.

Sebaiknya membaca niat Puasa Daud  di malam hari, sebelum fajar terbit.

Keutamaan Puasa Daud

Berikut diantara keutamaan  Puasa Daud.

“‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapat kabar bahwa ‘Abdullah berkata, “Demi Allah aku akan berpuasa di siang hari dan aku shalat di malam hari terus menerus sesuai kemampuanku.” Kemudian ‘Abdullah mengatakan bahwa ia telah mengatakan seperti itu sembari bersumpah dengan ayah dan ibunya.

Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh engkau tidak bisa melakukan seperti itu. Cukuplah berpuasa sehari dan luangkan waktu untuk tidak puasa.

Dirikanlah shalat malam, namun tetap tidurlah. Atau berpuasalah setiap bulannya minimal tiga hari karena satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang semisal. Jika demikian, hitungannya sama saja dengan puasa dahr (setahun penuh)“.

‘Abdullah berkata pada Nabi - shallallahu alaihi wa sallam bahwa beliau masih mampu lebih dari itu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalau begitu berpuasalah sehari, lalu berikutnya tidak puasa dua hari“. ‘Abdullah berkata pada Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bahwa beliau masih mampu lebih dari itu.

Beliau bersabda, “Kalau begitu berpuasalah sehari, lalu berikutnya tidak puasa sehari. Inilah yang disebut puasa Daud ‘alaihis salam.
Puasa Daud inilah sebaik-baik puasa“. ‘Abdullah masih berkata pada Nabi - shallallahu ‘alaihi wa sallambahwa beliau masih mampu lebih dari itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved