Breaking News:

Belajar dari Lapas Tangerang, Kakanwil Kemenkumham Jambi Minta Lapas dan Rutan Cek Instalasi Listrik

Usai kebakaran lapas Tangerang, Kakanwil Kemenkumham Jambi minta 10 lapasa 1 rutan di Jambi antisipasi hal yang memicu kebakaran.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Teguh Suprayitno
Kompas TV/Ant
Kondisi Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar. Jumlah korban jiwa kini mencapai 45 orang. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang yang menelan puluhan korban jiwa menjadi pelajaran penting bagi Jambi.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi, Aris Munandar meminta 10 Lapas dan 1 Rutan di Provinsi Jambi untuk melakukan pengecekan hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Terutama mengenai instalasi listrik yang paling rentan jadi pemicu terjadinya kebakaran.

"Atas perintah Dirjen Pemasyarakatan, kita melakukan sidak di UPT-UPT, agar kabel-kabel yang tidak pada tempatnya dan menimbulkan kemungkinan kebakaran dapat ditertibkan," ungkap Aris, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada 11 UPT baik Lapas maupun Rutan yang ada di Jambi agar mempersiapkan alarm darurat.

Ini guna mempercepat antisipasi bila terjadi hal darurat, dan salah satunya adalah kebakaran.

"Kita minta juga para UPT untuk menyiapkan SOP untuk menjadi upaya lain agar tidak terjadi di Tangerang. Seperti pengecekan alat-alat pemadam seperti APAR," katanya.

Sementara itu, Aris mengatakan kondisi 11 Lapas dan Rutan yang ada di Jambi merupakan bangunan yang sudah tua.

Sehingga menurutnya penting para UPT untuk mensosialisasi kondisi Lapas maupun Rutannya kepada warga binaan, agar dapat sama-sama mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Terutama Lapas Jambi (Lapas Kelas II A Jambi), itu bangunan sudah lama sekali. Kita selalu melakukan sosialisasi kepada UPT-UPT dan UPT juga memberitahukan ke warga binaan, untuk selalu tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu kebakaran," ucapnya.

Diakui oleh Aris, pihaknya juga telah menggandeng pihak PLN dalam hal pengecekan kesebelas Lapas dan Rutan yang ada di Jambi.

"Kami juga sudah bekerja sama dengan PLN untuk pengecekan Lapas dan Rutan, dan agar aman semua," pungkasnya.

Baca juga: Puluhan Anak di Muarojambi Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19, Dapatkan Bantuan dari Kemensos

Baca juga: Upaya Warga Kerinci Kabur dari Sel Kandas, Begini Pengakuan Santos Saat Ditangkap Polres Batanghari

Baca juga: Kabur dari Kejaran Polisi, Rangga Ditemukan Mengapung di Sungai Batang Tebo

Sebagai informasi, kesebelas UPT yang ada di Jambi yakni antara lain Lapas Kelas II A Jambi, Lapas Kelas II B Bangko, Lapas Kelas II B Kuala Tungkal, Lapas Kelas II B Muara Bulian, Lapas Kelas II B Muaro Bungo, Lapas Kelas II B Muaro Tebo, dan Lapas Kelas II B Sarolangun.

Kemudian, Lapas Narkotika Lapas Kelas II B Muara Sabak, Lapas Perempuan Kelas II B, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Muara Bulian, dan Rutan Kelas II B Sungai Penuh.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved