Breaking News:

Air Hujan Terjebak Dalam Lubang Jadi Penyebab Jalan di Muara Sabak Ilir Rusak Parah

Jalan kabupaten di Muara Sabak Ilir kembali rusak meski sempat dilakukan pengerasan. Kondisnya berlumpur dan menyulitkan warga melintas.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Abdullah Usman
Kondisi jalan berlumpur dan berlubang, di Rt 08 Kelurahan Sabak Ilir Kecamatan Sabak Timur. Ditengarai akibat air hujan tergenang dan tidak ada pembuangan mengakibatkan jalan rusak. Rabu (13/9) 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Kondisi ruas jalan Kabupaten di Rt 08 Kelurahan Muara Sabak Ilir, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjab Timur mulai memprihatinkan.

Saat musim hujan banyak kendaraan warga kerap terjebak dalam jalan berlumpur.  

Pantauan tribunnambi.com di lapangan, ruas jalan yang menghubungkan antara Jembatan Asoy menuju Desa Alang Alang dan Desa Kota Raja serta beberapa batang parit di seputaran desa tersebut kondisinya mulai terdapat kerusakan dan genangan.

Jalan yang pernah dilakukan tahap pengerasan tersebut, kondisinya mulai mengalami kerusakan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab berdasarkan penilaian warga. 

Dikatakan Wagimin (40) satu dari warga sekitar yang melintas menuturkan, ruas jalan ini sebelumnya tidak terlalu parah dan masih terbilang wajar. Terdapat beberapa lubang dan genangan. 

"Hanya saja sejak beberapa bulan terakhir lubang lubang tersebut semakin lebar dan dalam. Akibat dari curah hujan tinggi dan air hujan yang menggenang sulit untuk keluar, " ujarnya. 

"Iya, salah satunya karena ada pengerukan sungai Alang Alang ini. Tidak ada pembuangan air sehingga air hujan yang terjebak di genangan sulit keluar sehingga menyebabkan berlumpur dan melebar seperti sekarang, " jelasnya. 

Menurutnya, jalan ini merupakan akses satu satunya bagi warga desa yang ada di ujung jalan untuk melintas. Tidak hanya digunakan warga sehari hari namun juga digunakan anak sekolah, mengangkut hasil kebun dan lain sebagainya. 

"Jalan ini merupakan akses satu satunya yang dalt dilalui. Meski hanya ada beberapa titik yang terpantau parah langkah baiknya bila segera tertangani, " harapnya. 

Sementara itu Camat Muara Sabak Timur Faisal, ketika dikonfirmasi tribunjambi.com menuturkan, terkait kondisi jalan Kabupaten yang berada di Kelurahan Muara Sabak Ilir tersebut memang kondisinya seperti itu dan Pemerintah Kecamatan sendiri sudah mengusulkan untuk tahun depan dilakukan peningkatan jalan. 

"Insya Allah peningkatan jalan tersebut menjadi prioritas kita," katanya.

Baca juga: Kasus Suap RAPBD Jambi Tahun 2017: Iim Mengaku Dicecar KPK Terkait Apif Firmansyah

Baca juga: Warga Sungai Gelam Geger Temukan Buaya Muara 4 Meter di Sungai Dekat Pemukiman

Lanjut Camat, pada awal tahun lalu jalan tersebut sudah dilakukan pemeliharaan setelah mengalami rusak parah akibat musim penghujan pada tahun 2020 lalu. Ditambah saat ini curah hujan mulai semakin intens jadi kondisi jalan tersebut kembali mengalami kerusakan. 

"Untuk tindak lanjutnya, nanti kami akan coba komunikasikan lagi bersama pihak PU Kabupaten, " pungkasnya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved