Breaking News:

Berita Tanjabtim

Rumah Tua Peninggalan Pesirah di Desa Teluk Majelis Saksi Bisu Perkembangan Tanjabtim

Rumah tua peninggalan pesirah di Desa Teluk Majelis ala pemerintahan Tanjabtim masih berdiri hingga saat ini.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rian Aidilfi Afriandi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Rumah tua peninggalan pesirah di Desa Teluk Majelis ala pemerintahan Tanjabtim masih berdiri hingga saat ini.

Rumah semi permanen berbahan kayu Bulian tersebut menjadi saksi sejarah peradaban melayu.

Lokasi rumah tua yang berada di Rt 01 Dusun 01 Desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjabtim tersebut begitu kental akan nilai histori.

Dimulai dari bentuk bangunan yang memperlihatkan arsitektur kuno khas peninggalan zaman penjajahan.

Dengan berbahan kayu Bulian dan ornamen kuno pada bagian atap menjadi ciri khas pembeda bahwa rumah tersebut memang memiliki usia yang sudah Sepuh.

Salah satu Tokoh Pemuda Desa Teluk Majelis, Akhyar kepada tribunjanbi.com menuturkan, berdasarkan cerita tetua kakek dan para tokoh di kampungnya.

Bahwa rumah tua nan cukup besar tersebut merupakan Rumah sejarah peninggalan pemerintahan masa Ujung Jabung (sebelum Kabupaten Tanjung Jabung).

"Sepengetahuan saya dari para orang tua dahulu. Bahwa rumah ini dahulunya merupakan milik pesirah (kalo sekarang Kepala Desa atau Camat). Yang sudah turun temurun sejak tahun 60an," bebernya.

Namun memang saat ini, rumah ini tidak lagi digunakan sebagai tempat tinggal mengingat kondisi bangunan yang semakin termakan usia. Juga untuk tetap menjaga nilai sejarah pada rumah itu sendiri.

Saat ini rumah ini dijaga atau dirawat oleh salah satu cucu atau cicit pemilik rumah pertama yakni Datuk Wahab (pesirah) terdahulu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved