Breaking News:

Kementerian Koperasi Gandeng Dinas Koperasi UKM Provinsi Jambi Adakan Pelatihan Untuk UMKM

Kementerian Koperasi menggelar pelatihan vocation bagi usaha mikro di sektor pertanian/perkebunan

Editor: Rahimin
Istimewa
Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Jambi Hamdan didampingi Kabid Koperasi dan UKM Dr Puti Oryzawati serta dihadiri Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Kementerian Koperasi Rose Marlina membuka pelatihan vocation bagi usaha mikro di sektor pertanian dan perkebunan 

TRIBUNJAMBI.COM – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah ujung tombak perekonomian Indonesia. Pelaku UMKM terus mengalami pertumbuhan dan mampu bertahan disaat krisis ekonomi.

Untuk itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jambi, menggelar pelatihan vocation bagi usaha mikro di sektor pertanian/perkebunan, yang diselenggarakan pada Senin hingga Rabu (13-15/9/2021).

Kegiatan dibuka oleh Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Jambi Hamdan SH M.Si didampingi Kabid Koperasi dan UKM Dr Puti Oryzawati SH MH serta dihadiri Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Kementerian Koperasi Rose Marlina, Senin (13/9/2021).

Pelatihan menitikberatkan pada pembuatan sabun dari bahan CPO, yang diikuti oleh 30 peserta dari koperasi yang ada disekitar perusahaan sawit.

UMKM dapat memanfaatkan surfaktan dari metil ester kelapa sawit, surfaktan ini bisa menjadi sabun, pasta gigi, serta produk kebersihan lainnya, potensi ini menjadi peluang bagi UMKM mengembangkan produk hilir sawit.

“Pelatihan vocation pada usaha mikro bentuk peningkatan kapasitas SDM pelaku koperasi dan usaha kecil menengah agar bisa eksis dan tumbuh mengembangkan kewirausahaan serta sosial dengan pemanfaatan lahan pertanian dan perkebunan," ujar Hamdan.

Perkembangan usaha mikro di Provinsi Jambi terus naik, apalagi sektor pertanian dan perkebunan menjadi sektor unggulan, terutama sawit dan karet.

Baca juga: UMKM Jambi, 20 Tahun Berjualan Pempek Sutiknyo Sukses Menguliahkan Anaknya Hingga Jadi PNS

Baca juga: UMKM Jambi, Berawal dari Mendalo Resto Nasi Ciprat, Kini Punya Tiga Cabang di Provinsi Jambi

Baca juga: Lowongan Kerja Kementerian Koperasi dan UKM, Cek Posisi yang Dibutuhkan dan Persyaratannya

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved