Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Banyak Kepala Sekolah di Tanjab Timur Belum Miliki NUKS, Ini Kerugian Bagi Sekolah

Puluhan kepala SD dan SMP di Kabupaten Tanjung Jabung Timur belum memiliki NUKS saat ini

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rahimin
Musawira
Ilustrasi sekolah - Banyak Kepala Sekolah di Tanjab Timur Belum Miliki NUKS, Ini Kerugian Bagi Sekolah 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Hingga  2021 puluhan kepala sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Tanjung Jabung Timur belum memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS), beberapa Kepala sekolah tersebut terancam tidak bisa menerima Bantuan BOS bagi sekolah. 

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung timur Junaidi Rahmad, mengatakan, setiap Kepala sekolah wajib untuk memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah atau (NUKS).

Nomor tersebut adalah nomor khusus yang dikeluarkan dan dicatat dalam database nasional. NUKS dicatat dalam database Nasional oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah atau LPPKS, sebagai penjamin mutu penyelenggaraan penyiapan calon kepala sekolah atau Madrasah. 

"Kepala Sekolah yang belum memiliki NUKS, sekolahnya terancam tidak bisa menerima pencairan dana bantuan operasi sekolah dari pemerintah," ujarnya. 

"Selain itu, kepala sekolah tersebut tidak bisa menandatangani ijazah para siswa," sambungnya. 

Dirinya mencatat hingga 2021 ini ada sebanyak 37 Kepala sekolah tingkat SD dan 6 kepala sekolah tingkat SMP belum memiliki NUKS. Hal ini tebntu menjadi catatan dinas pendidikan setempat mengingat nuks sangat vital bagi sekolah tersebut. 

Untuk diketahui NUKS sendiri mulai diterapkan di tahun 2019 lalu, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018, tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah. 

"Adapun rerata penyebab kepala sekolah belum memiliki NUKS yakni pangkat belum cukup, belum Diklat dan penunjang lainnya, " pungkasnya.

Baca juga: Sebanyak 39 Kepala Sekolah Dilantik Bupati Sarolangun

Baca juga: 90 Kepala Sekolah di Batanghari Belum Miliki NUKS, Ini Dampaknya ke Pendidikan

Baca juga: Gubernur Jambi Al Haris Ingin Kepala Sekolah di Jambi Tidak Gaptek, Segera Lakukan Evaluasi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved