Breaking News:

Berita Jambi

Pemprov Jambi Gelar Musrenbang Dalam Rangka Penyusunan RPJMD 2021-2026

Wakil Gubernur Jambi, Abdulah Sani, mewakili Gubernur Al Haris membuka secara resmi Musrenbang RPJMD 2021-2026 Provinsi Jambi, Kamis (9/9/2021) pagi.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Monang
Pemprov Jambi Gelar Musrenbang Dalam Rangka Penyusunan RPJMD 2021-2026 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Wakil Gubernur Jambi, Abdulah Sani, mewakili Gubernur Al Haris membuka secara resmi Musrenbang RPJMD 2021-2026 Provinsi Jambi, Kamis (9/9/2021) pagi.

Dalam sambutannya, Abdulah Sani menyampaikan bahwa rancangan RPJMD ini, mengacu pada isu strategis dan visi misi Jambi Mantap.

Yang mana visi yang disebutkan yakni terwujudnya Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional di bawah Ridho Allah SWT.

"Terdapat tiga misi yang akan dilaksanakan, pertama Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan, kedua Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, dan ketiga Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia," ungkap Wakil Gubernur Jambi itu.

Lanjutnya, Abdulah Sani menyampaikan, terdapat beberapa program prioritas yang merupakan program jangka pendek maupun jangka menengah.

Program jangka pendek, ia menjelaskan, harus dilaksanakan segera karena merupakan upaya penanganan dampak pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga saat ini.

Program prioritas selanjutnya adalah pemulihan dan peningkatan perekonomian daerah yang salah satunya akan didorong melalui program DUMISAKE.

"Program unggulan ini terdiri dari lima pilar, yaitu Jambi Cerdas dan Pintar, Jambi Sehat, Jambi Tangguh, Jambi Agamis dan Jambi Responsif," ujarnya.

Sementara itu prioritas ketiga hingga ke keduabelas lainnya, merupakan prioritas jangka menengah dan panjang. Adapun ia menyebutkan antara lain pengembangan kawasan ekonomi baru yakni SENTUSA (Sengeti-Tungkal-Sabak).

Selanjutnya, percepatan pembangunan infrastruktur transportasi guna meningkatkan konektivitas dan logistik daerah, pembangunan infrastruktur listrik melalui penggunaan energi terbarukan, sehingga berkontribusi terhadap bauran energi daerah dan tentu saja ramah lingkungan, pemantapan kelembagaan dan percepatan pembangunan infrastruktur kesehatan, pendidikan, agama dan sosial budaya.

Kemudian, peningkatan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup serta mitigasi perubahan iklim, peningkatan dan pengembangan sektor pertanian, ketahanan pangan, kelautan dan perikanan, peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, peningkatan perlindungan sosial dan kepastian hukum, dan peningkatan kesetaraan gender.

Baca juga: Pengamat Barhen Nurdin Tanggapi Asesmen Lingkup Pemprov Jambi, Alharis Berpacu dengan Waktu

Baca juga: Mendagri RI Tito Karnavian Berpesan Pemprov Jambi Kirim Data Riil Kasus Positif Covid-19 di Jambi

Baca juga: Pemprov Jambi Buka Seleksi Calon Direktur PT Jambi Indoguna Internasional

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved