Breaking News:

Berita Jambi

Mantan Pj Gubernur Jambi Sapa Pejabat yang Hadir di Musrenbang RPJMD 2021-2021

Mantan Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni, menyapa pejabat Jambi pada Musrenbang RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2021-2021.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Monang
Pemprov Jambi Gelar Musrenbang Dalam Rangka Penyusunan RPJMD 2021-2026 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mantan Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni, menyapa pejabat Jambi pada Musrenbang RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2021-2021.

Dalam kesempatan itu pula, dirinya selaku Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, melalui sambungan Zoom, memaparkan hasil konsultasi rancangan awal RPJMD Provinsi Jambi.

Dikatakannya, sistematika RPJMD Provinsi Jambi, sudah sesuai dengan ayat 5, Pasal 47, Peraturan Menteri Dalam Negeri, Nomor 86 Tahun 2017.

"Kemudian juga sesuai dengan Pasal 166 ayat 3, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, Visi dan Misi pembangunan lima tahun RPJMD sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah yang telah disampaikan dalam masa kampanye," katanya, Kamis (9/9/2021).

Sehingga ujarnya, Visi dan Misi dalam RPJMD Provinsi Jambi harus sama dengan Visi dan Misi
Gubernur Jambi pada saat kampanye.

Lanjutnya, diupayakan dalam penyajian realisasi indikator setiap urusan belum menggunakan dasar Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Kemudian juga Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Sementara itu, wanita yang akrab disapa Nunung ini juga menjelaskan tentang hal-hal penting terkait penyusunan RPJMD Provinsi Jambi.

"Pertama, Pemerintah Provinsi Jambi perlu merumuskan substansi RPJMD dengan Percepatan transformasi struktural (Sosial, Pendidikan dan Kesehatan), termasuk akselerasi ekonomi dan keuangan digital, serta penguatan UMKM dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan program unggulan," jelasnya.

Selanjutnya, yang kedua, ia memaparkan Pemerintah Provinsi Jambi agar dalam merumuskan strategi dan arah kebijakan pencapaian Visi dan Misi Gubernur dengan memperhatikan pencapaian Visi dan Misi Jangka Panjang Provinsi Jambi.

"Serta pertimbangan bahwa RPJMD ini merupakan pelaksanaan periode Ke-IV (terakhir) RPJPD sehingga target dalam sasaran pokok RPJPD dapat dipenuhi," tambahnya.

Ketiga, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan program dan kerangka pendanaan yang inovatif, maka daerah perlu menginternalisasikannya ke dalam Permasalahan, Isu Strategis, Strategi dan arah kebijakan RPJMD.

Baca juga: Budi Yako Anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Fraksi Gerindra Tiba di Ruang Pemeriksaan KPK

Baca juga: Niat Bupati Batanghari Rombak Kabinet Semakin Bulat, Sekda dan Wabub Kerja Keras

Baca juga: Bappeda Gelar Musrembang, Visi Misi Jambi MANTAP Jadi Prioritas

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved