Breaking News:

Tips Kesehatan

Diet Ramah Asam Urat, Mengurangi Makanan Olahan dan Gula

Mengikuti diet ramah asam urat dengan sedikit makanan olahan, gula, dan alkohol, dan yang kaya akan sayuran, biji-bijian, dan makanan nabati.

Editor: Nurlailis
freepik
Makanan pemicu asam urat 

TRIBUNJAMBI.COM - Diet ramah asam urat memiliki manfaat kesehatan lainnya, selain mengurangi gejala asam urat itu sendiri.

Mengikuti diet dengan sedikit makanan olahan, gula, dan alkohol, dan yang kaya akan sayuran, biji-bijian, dan makanan nabati lainnya diyakini dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of the Rheumatic Diseases menunjukkan bahwa indeks massa tubuh yang lebih tinggi merupakan faktor risiko untuk asam urat dan bahwa orang yang kelebihan berat badan dan obesitas berada pada risiko yang lebih tinggi secara signifikan dari kejadian asam urat.

Selain itu, penderita diabetes, kolesterol tinggi, atau keduanya memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit asam urat dan serangan asam urat pada orang-orang yang telah menderita asam urat.

Berada pada berat badan yang sehat mungkin juga mengurangi beban pada persendian Anda, sehingga memperlambat perkembangan kerusakan sendi.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pendekatan yang lambat dan mantap adalah yang terbaik untuk kesehatan Anda, karena kemungkinan besar Anda akan mempertahankan perubahan gaya hidup sehat ini dalam jangka panjang.

Dilansir dari WebMD, jenis makanan yang Anda makan dapat berdampak langsung pada gejala dan tingkat keparahan penyakit asam urat.

Lebih khusus lagi, makanan tinggi purin cenderung bisa menyebabkan gejala asam urat yang lebih parah.

Berdasarkan sebuah penelitian berjudul "Purine-rich foods intake and recurrent gout attacks" yang diterbitkan jurnal Annals of the Rheumatic Diseases pada 2014, di antara orang-orang dengan asam urat, asupan purin akut bisa meningkatkan risiko serangan asam urat berulang hampir lima kali lipat.

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved