Breaking News:

Khazanah Islami

Tuntunan Sholat Dhuha, Niat Mengerjakannya Lengkap Doa Sholat Dhuha

Yuk simak Niat Sholat Dhuha,  manfaat Sholat Dhuha, Doa Sholat Dhuha sebagai tuntunan Sholat Dhuha.

Editor: Heri Prihartono
Sholat Duha adalah Sholat Sunnah yang dilaksanakan setelah waktu matahari terbit atau syuruq hingga batas waktu mendekati Sholat Dzuhur. 

TRIBUNJAMBI.COM - Berikut Niat Sholat Dhuha,  Doa Sholat Dhuha lengkap dengan tuntunan Sholat Dhuha.

Sholat Duha adalah Sholat Sunnah yang dilaksanakan setelah waktu matahari terbit atau syuruq hingga batas waktu mendekati Sholat Dzuhur.

Diantara Sholat Dhuha setara dengan 360 sedekah.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

Niat Sholat Dhuha 

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى

(Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’aalaa)

Artinya: “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Artinya: “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala” Sholat Dhuha merupakan satu di antara amalan sunnah yang dianjurkan.

Ustaz Abdul Somad UAS menjelaskan jika matahari sudah naik kira-kira satu tombak, itulah yang disebut dengan awal waktu dhuha.

"Setelah diukur menurut ilmu astronomi matahari naik setinggi tombak, kira-kira 12 menit setelah matahari terbit. Jadi kalau matahari terbit jam 6:00, waktu duha dimulai jam 6:12,” ungkap alumnus Universitas Al Azhar Kairo dan Universitas Darul Hadits Maroko tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved