Breaking News:

Prakiraan Cuaca di Jambi

Waspada Sepekan ke Depan Cuaca Ekstrem di Jambi, Masyarakat Diminta Berhati-hati

Sepekan ke depan masyakarat Jambi diminta berhati-hati. Akan terjadi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah. Hujan lebat disertai petir dan angin kencang

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rahimin
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - Waspada Sepekan ke Depan Cuaca Ekstrem di Jambi, Masyarakat Diminta Berhati-hati 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi pada periode peralihan musim pada awal September ini di Jambi.

Secara umum ini diprediksikan terjadi pada Dasarian II September 2021 hingga Dasarian I Oktober 2021. 

Hal ini disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha Jambi Ibnu Sulistyono, Senin (6/9/2021).

Ibnu Sulistyono bilang, dalam sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem akan terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Provinsi Jambi.

Ini kata Ibnu Sulistyono, karena sepekan ke depan terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi (pertemuan angin).

"Kemudian adanya perlambatan kecepatan angin, serta kondisi kelembapan atmosfer yang terpantau cukup basah, disamping itu adanya fenomena gelombang atmosfer MJO dan Equatorial Rossby juga semakin meningkatkan lembapnya kondisi atmosfer di wilayah Jambi yang mengakibatkan potensi terbentuknya awan-awan hujan," katanya.

Menurut Ibnu Sulistyono, kondisi tersebut mengakibatkan potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Sejumlah wilayah yang di minta waspada terhadap cuaca ekstrem sepekan kedepan yaitu Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh.

"Kemudian Kabupaten Bungo, Merangin, Sarolangun, Batanghari, Tebo, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Kota Jambi, dan Muaro Jambi," kata Ibnu Sulistyono.

Masyarakat di wilayah Provinsi Jambi diimbau untuk mewaspadai dampak yang dipicu oleh cuaca ekstrem tersebut.

Potensi yang terjadi dengan cuaca ektrem ini diantaranya hujan dengan angin kencang, tumbangnya pohon, tumbangnya papan baliho, kerusakan atap rumah, terjadinya genangan maupun banjir dan tanah longsor, serta berkurangnya jarak pandang.

"Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dan memperbarui informasi cuaca terkini," pungkas Ibnu Sulistyono.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kerinci dan Kota Sungai Penuh 31 Agustus 2021, Bakal Turun Hujan Malam Hari

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jambi, Waspada Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi di 11 Kabupaten Kota

Baca juga: Cuaca Jambi Hari Ini, Waspada Terjadinya Cuaca Ekstrem di Tiga Kabupaten Ini

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved