Editorial

PPKM Level 4 Kota Jambi, Diperpanjang Atau Turun Level? Menunggu Kabar Baik 6 September

HARI ini, 6 September 2021 merupakan hari terakhir pemberlakuan PPKM Level 4 Kota Jambi maupun Kabupaten Batanghari sesuai keputusan

Editor: Deddy Rachmawan
tribunjambi/aryo tondang
Pantauan udara pos penyekatan Kota Jambi di perbatasan. Penyekatan PPKM Kota Jambi, Hampir 894 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Perbatasan 

HARI ini, 6 September 2021 merupakan hari terakhir pemberlakuan PPKM Level 4 Kota Jambi maupun Kabupaten Batanghari sesuai keputusan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Kita menunggu kabar, apakah status ini diperpanjang atau datang dengan kabar baik, turun ke level 3.

Selaras dengan data kasus Covid-19 nasional yang terus berkurang, jumlah kasus di Kota Jambi maupun Kabupaten Batanghari juga sudah menunjukkan penurunan yang cukup berarti.

Apalagi pada 29 Agustus lalu Satgas Covid-19 mencatat, hanya 15 daerah yang berstatus zona merah. Daerah kota/kabupaten berstatus zona merah itu tersebar di Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, DI Jogjakarta, Bali dan Aceh.

Padahal sebelumnya ada 53 kota/kabupaten berstatus zona merah termasuk di antaranya Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari.

Artinya sejak 29 Agustus itu Kota Jambi maupun Kabupaten Batanghari tak lagi berstatus zona merah.

Hanya saja ketentuan sepekan sebelumnya, masa berlaku PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali berlaku selama dua pekan.

Berarti akhir dari zona merah atau PPKM Level 4 termasuk PPKM Level 4 Kota Jambi ini baru akan berakhir hari ini.

Tentu kita semua di Provinsi Jambi, terutama Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari berharap penurunan zona risiko penyebaran maupun ketentuan pembatasan bisa bergeser ke zona oranye atau PPKM Level 3.

Bahkan saat diperlakukannya pengetatan di Kota Jambi sejak 23 hingga 29 Agustus lalu, Pemkot Jambi menargetkan bisa bergeser ke zona kuning dan pemberlakuan PPKM Level 2.

Baca juga: Dewan Berharap Kota Jambi Turun Status Level PPKM dan Bisa Sekolah Tatap Muka

Baca juga: Antusias Warga Kota Jambi untuk Vaksin Terus Meningkat, Ini Datanya

Penurunan status diharapkan memberikan keleluasaan warga dalam beraktivitas, terutama perdagangan, tempat wisata, hiburan hingga pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Seiring dengan rencana PTM, pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar usia 12-17 juga sudah mulai gencar digelar. Baik oleh Pemkot Jambi dan instansi serta lembaga lainnya secara maraton.

Semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh warga Jambi terutama remaja 12-17 tahun sebaik-baiknya guna meminimalisir terjadinya penambahan kasus di lembaga pendidikan nantinya.

Baca juga: Gejala Covid-19 pada Anak di Hari Pertama - Nyeri Tenggorokan, Demam saat Sore sampai Malam

Baca juga: Tak Ada Penyekatan, Tetaplah Konsisten Menjaga Protokol Kesehatan

Melihat kecenderungan tren jumlah kasus, diperkirakan jumlah daerah yang berstatus zona merah sebanyak 15 pada 29 Agustus lalu, hari ini pun diprediksi akan mengalami penurunan.

Penurunan secara bersama akan membuat arus mobilitas antarkota/antarprovinsi pun semakin terbuka.

Penerbangan yang selama ini membatasi frekuensi maupun persyaratan ketat, pun akan normal kembali. Semoga keleluasaan ini dapat direspon secara bijak, tidak bereuforia berlebihan dan tetap waspada sehingga kondisi ini dapat kita pertahankan bersama.(*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved