Breaking News:

Berita Tanjabtim

Tiga Siswi MAJ Muara Sabak Bersaing di Ajang KSM Hingga Lolos ke Tingkat Provinsi

Selain persoalan tenaga pengajar dan juga sarpras yang selalu menjadi problem, banyak siswa dari sekolah tersebut yang mampu berprestasi dan bersaing

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Tiga Siswi MAJ Muara Sabak Bersaing di Ajang KSM Hingga Lolos ke Tingkat Provinsi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Dibawah keterbatasan dan sarana prasarana, siswa Madrasah Aliyah Jauharatul Islamiyah Tanjabtim mampu buktikan dan bersaing dalam kejuaraan sains.

Meski terbilang sering dianaktirikan, keberadaan MA di setiap Daerah memiliki kelebihannya masing masing.

Selain persoalan tenaga pengajar dan juga sarpras yang selalu menjadi problem, banyak siswa dari sekolah tersebut yang mampu berprestasi dan bersaing dengan sekolah umum lainnya.

Seperti pencapaian yang ditorehkan oleh MA Jauharatul Islamiyah Muara Sabak Timur, sekolah swasta yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat dan tokoh sekitar tersebut perlahan mulai menunjukkan jati dirinya.

Terlebih pada bulan lalu, sekolah MA ini baru saja lolos mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten, dan akan berlaga di tingkat Provinsi. Tidak menutup kemungkinan siswa siswi tersebut dapat terus melaju hingga ke tingkat Nasional.

Dikatakan Suci Fadhilah Syahri siswi MA Jauharatul Islamiyah Kelas XI, yang berhasil mendapat juara pertama pada KSM dari Mapel Biologi tersebut mengatakan, dengan apa yang dicapainya saat ini tentu merasa senang namun dirinya sadar masih banyak persiapan yang harus disiapkan untuk dapat melaju lagi kedepan.

Mengingat pada KSM tingkat Provinsi atau bahkan Nanti di Nasional, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan dan dimatangkan lagi. Sehingga benar benar maksimal dan mampu meraih prestasi.

"Persiapannya tentu dengan terus mengasah kemampuan, selain di sekolah jiga secara pribadi di rumah," ujar siswi yang juga pada tahun lalu lolos ke tingkat Provinsi pada ajang yang sama ini, Minggu (5/9/2021).

Lanjutnya, kendala sendiri yang dihadapi yakni khusus untuk mata pelajaran Biologi sendiri, karena baground di MA nya bersekolah hanya ada jurusan IPS, dirinya harus banyak melatih sendiri kemampuannya dirumah dan sesekali belajar dengan guru yang ada di sekolah.

"Sejak dulu memang suka mempelajari soal tumbuhan dan hewan, jadi sering mencari ilmu tersebut baik dari buku ataupun sumber lain. Hanya saja di sekolah saat ini tidak ada jurusan IPA," ujarnya

Senada dikatakan Dua rekannya yang juga lolos ke Provinsi, Dwinori Nafisa wirdama juara Dua mapel Matematika dan Salbiah Juara Tiga Mapel Fisika Terintegrasi menuturkan, mereka mengharapkan adanya perbaikan prestasi di tingkat provinsi nanti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved