Breaking News:

Kisah Syeh Arifin

Kisah Syeh Arifin Tokoh Agama Tersohor di Teluk Majelis Jambi, Terkenal Karomahnya

Di Desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur ada tokoh agama yang terkenal. Ia ulama pendatang dari Malaysia

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rahimin
tribunjambi/abdullah usman
Masyarakat berziarah ke makam Abah Unggal. Kisah Syeh Arifin Tokoh Agama Tersohor di Teluk Majelis Jambi, Terkenal Karomahnya 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Syeh Arifin seorang tokoh agama di Desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang memiliki berbagai karomah.

Syeh Arifin  merupakan ulama pendatang dari Batu Pahat Johor Malaysia

Di Kabupaten Tanjung jabung Timur, pada masa lampau memiliki mayoritas penduduk mendiami kawasan pesisir yang masih di jumpai hingga saat ini. 

Berbagai sejarah peradaban masa lampau itupun masih tercatat jelas dalam sebuah monumen ataupun prasasti, termasuk sejarah perjuangan dan perkembangan agama Islam. 

Ssatu tokoh agama yang sangat terkenal di Desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi Tanjung Jabung Timur, ialah Syeh Arifin.

Syeh Arifin  nama lainnya Abah Unggal atau Ami Unggal.

Syeh Arifin lahir diperkirakan pada 1891 Masehi di Batu Johor Malaysia keturunan Yaman. 

Dikatakan Abdurrahma, satu dari cucu Syeh Arifin yang juga sebagai penjaga makam Abah Unggal, perkiraan pada awal 1930 an Syeh Arifin bersama orang tuanya datang ke Tanjung Jabung Timur di di daerah Rano awalnya. 

Saat itu, di Malaysia terjadi peperangan penjajahan, sehingga Syeh Arifin bersama warga lainnya melarikan diri hingga ke Kuala Jambi

Setelah beberapa lama tinggal di Tanjung Jabung Timur, Syeh Arifin semakin beranjak dewasa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved