Breaking News:

Covid-19 Belum Sepenuhnya Terkontrol, PPKM Jawa-Bali Tetap Diperpanjang Lagi

Terkait dengan wilayah, lanjut Alex, masih menjadi atensi di seluruh 7 aglomerasi dan beberapa kabupaten/kota yang masih berada pada PPKM level 4

Aryo Tondang/tribunjambi
Rekayasa Sosial yang Dilakukan Oleh Polresta Jambi di Fasilitas Umum Sukses Urai Kerumunan hingga 90 Persen 

TRIBUNJAMBI.COM - Diketahui untuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali akan berakhir Senin (6/9/2021). Lantas, apakah PPKM akan kembali diperpanjang?

Sebelumnya Kebijakan PPKM yang masih diberlakukan dalam kondisi pandemi berdasarkan level wilayah yang berbeda-beda sudah diperpanjang selama beberapa bulan terakhir.

PPKM masih akan diperpanjang

Dilansir Kompas.com, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting menegaskan sebelum situasi pandemi terkontrol, PPKM masih akan terus dilanjutkan.

Meski begitu pemerintah juga melakukan evaluasi dan mengubah levelisasi tiap-tiap daerah PPKM.

“PPKM terus berlanjut hingga pandemi dinyatakan terkontrol. Yang berubah hanya levelnya yaitu ringan (level 1), sedang (level 2), tinggi (level 3) dan sangat tinggi (level 4),” ungkap Alex melalui WhatsApp, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Pelajar dan Masyarakat Wakil Gubernur Jambi Apresiasi Polda Jambi

Baca juga: Masnah Busro Bakal Berlakukan Sertifikat Vaksin Sebagai Syarat Adakan Kegiatan Keramaian

Ditambahkan Alex, level setiap daerah dapat naik turun, bergantung pada perilaku masyarakat, serapan vaksin, serta komitmen untuk terus melakukan pelacakan kontak, dan testing di tingkat kelurahan atau desa.

Waspadai varian virus corona baru

Ia mengkau selain mewaspadai varian Alpha, Beta, Delta, Gamma, juga diperhatikan varian Lambda dan Mu. Hal ini karena varian-varian tersebut dapat mendorong terjadinya kasus yang ekstrem.

Alex menambahkan, diperlukan untuk tetap menjaga mobilitas, menghindari kerumunan, memakai masker, dan melakukan vaksinasi.

“Bila ada gejala di rumah saja, bila PCR tes positif segera pindah ke isolasi terpusat,” katanya..

Bali menjadi daerah atensi khusus

Terkait dengan wilayah, lanjut Alex, masih menjadi atensi di seluruh 7 aglomerasi dan beberapa kabupaten/kota yang masih berada pada PPKM level 4 atau level 3.

“Khusus Bali jadi atensi khusus. Medan, Sumut dan Kaltim harus dirawat baik-baik kepatuhan masyarakatnya akan protokol kesehatan,” tegas Alex.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved