Breaking News:

Berita Jambi

Januari-Agustus Dinas Pertanian Provinsi Jambi Catat Ratusan Hektare Lahan Pertanian Terkena Banjir

Berita Jambi, daerah terdampak banjir berada di Kabupaten Sarolangun 317 ha, lalu Bungo 2,25 ha, dan Kota Jambi 2,35 ha.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Monang
Kepala UPTD BPTPH Jambi, Farda Sofian Simanjuntak 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Periode Januari-Agustus 2021, Dinas Pertanian Provinsi Jambi, melalui UPTD Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Jambi, mencatat setidaknya terdapat 319,85 hektare (ha) lahan pertanian terkena banjir.

Kepala UPTD BPTPH Jambi, Farda Sofian Simanjuntak menyatakan, paling banyak daerah terdampak banjir itu berada di daerah Kabupaten Sarolangun 317 ha, lalu Bungo 2,25 ha, dan Kota Jambi 2,35 ha.

"Yang terkena banjir itu tanaman padi seluas 318,6 ha dan jagung 1,25 ha," ungkap Farda, Sabtu (4/9/2021).

Mengingat September ini akan memasuki musim penghujan, phaknya telah menyurati timnya di kabupaten/kota agar mengantisipasi hal tersebut.

"Kami di lapangan memiliki petugas POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman) dan tim DFI (Dampak Fenomena Iklim) untuk pengecekan kondisi. Kami merekomendasikan para petani menggunakan benih yang toleran akan genangan air," ujarnya.

Untuk yang gagal panen atau biasa disebut dengan puso yang diakibatkan banjir, Farda mengatakan, biasanya tanaman padi dan jagung yang terdampak, belum berada di umur tanam 40 hari.

"Bila tanaman umur tanamnya belum sampai 40 (hari) dan kalau terkenanya (banjir) sampai tiga hari ke atas, maka itu akan puso," katanya.

Laporan yang pihaknya catat pada Juli lalu, puso akibat banjir ada di Kabupaten Kerinci seluas 9 ha, Bungo 1,75 ha, Kota Jambi 0,85 ha, dan Sungai Penuh 7 ha. "Total tanaman puso, padi 18,1 ha dan jagung 1,25 ha," tambahnya.

Baca juga: Menjaga Kesediaan Pangan, 28 Ribu Ton Bantuan Benih Padi Sawah Sudah Disalurkan ke Petani di Tebo

Baca juga: 87 Hektare Sawah di Sungaipenuh Gagal Panen

Baca juga: 72 Ton Komoditas Pertanian Jambi Diekspor ke Delapan Negara

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved