Breaking News:

Berita Jambi

Curah Hujan Tinggi di Jambi Pengaruhi Produksi Cabai

Kepala UPTD BPTPH Jambi, Farda Sofian Simanjuntak menjelaskan, ini akan mempengaruhi buah dari cabai tersebut akan gugur.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
PIXABAY/HANS LINDE
Ilustrasi tanaman cabai. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Curah hujan tinggi di Jambi akan mempengaruhi produksi cabai.

Meski tidak terlalu berpengaruh kepada bunga cabai tersebut, namun ini lebih kepada masa pengisian buah atau masa pembentukan buah.

Kepala UPTD BPTPH Jambi, Farda Sofian Simanjuntak menjelaskan, ini akan mempengaruhi buah dari cabai tersebut akan gugur.

"Jadi untuk dataran tinggi, pengaruhnya malah setelah terjadinya hujan tinggi. Itu akan terjadi penurunan awan atau kabut, yang akan menyebabkan kabut itu membawa bakteri dan timbul jamur dan membuat busuk buah saat pembuahan," ungkap Farda, Sabtu (4/9/2021).

Lanjutnya, kalau terjadi hujan tinggi serangan busuk buah pun akan meningkat. Jamur menjadi kendala, sehingga katanya monitor di lapangan ketika ada laporan jamur dan busuk, harus segera di ditangani.

"Penanganannya pun dengan menyemprotkan cairan khusus yang dibuat dari bahan-bahan hayati," tambahnya.

Sementara itu ia menyebutkan, ini kerap terjadi di sentra produksi cabai di Jambi, yakni di Kabupaten Kerinci dan Merangin.

"Kalau secara teknisnya ditanaman itu, seandainya malam turun awan atau kabut, maka paginya segera disiram dengan cairan hayati tadi. Hingga tanaman itu tidak tertutup kabut yang membawa debu bakteri," katanya.

Saat ini para petani pun sudah dipersiapkan untuk mengatasi masalah itu.

Selain itu ia juga mengatakan, cabai banyak yang rontok pada musim hujan, karena itu tanaman cabai kelebihan air yang berada di jaringan tubuhnya.

"Ini juga berpengaruh di PH tanah, jadi pada saat musim penghujan atau curah hujan tinggi, otomatis PH media tanaman cabai itu akan drop, berubah akan asam," ucapnya.

Karena sifatnya asam, lanjutnya, dari sifat asam inilah tanaman cabai kekurangan kalsium, di mana yang diketahui bersama bahwa kalsium ini bisa mencegah adanya kerontokan pada bunga dan buah cabai.

Baca juga: Pompanisasi Jadi Cara Petani di Jambi Atasi Lahan Terendam Banjir Saat Musim Hujan

Baca juga: Januari-Agustus Dinas Pertanian Provinsi Jambi Catat Ratusan Hektare Lahan Pertanian Terkena Banjir

Baca juga: LPP PBNU Soroti Sikap Pemerintah Tentang Impor Cabai Sebabkan Harga Anjlok

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved