Breaking News:

Home and Garden

Cara Praktis Mengatasi Tanaman Hias Kesayangan yang Terkena Hama dengan Sabun Cuci Piring

Berita Jambi-Hama yang kerap menyerang tanaman hias antara lain kutu, tungau, jamur, siput dan juga ulat, tentu saja ini tidak bisa didiamkan

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
ADE SETYAWATI/TRIBUNJAMBI.COM
Taman milik Septi, dengan latar depan sang anak 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berkebun merupakan hobi bagi perempuan dan laki-laki, namun semenjak pandemi, menanam dapat menjadi penghibur ketika bosan dengan rutinitas sehari-hari.

Ketika telah memiliki taman, di masa pandemi ini biasanya akan semakin bertambah koleksi tanaman dengan jenis yang berbeda.

Memiliki tanaman tentu saja susah-susah gampang, belum lagi dengan segudang perawatan yang berbeda-beda tergantung jenis tanaman.

Terkadang tidak sedikit juga yang lalai dengan adanya serangan hama bagi tanaman.

Hama yang kerap menyerang tanaman hias antara lain kutu, tungau, jamur, siput dan juga ulat, tentu saja ini tidak bisa didiamkan jika tidak ingin tanaman hias rusak hingga mati.

Menurut Septi (25) untuk koleksi tanaman yang diserang dengan ulat, tidak sedikit tanamannya yang mati karena kurang cepat penanganan.

"Untuk hama ini memang agak sulit didiagnosis karena gejalanya mirip dengan tanaman yang terlalu banyak diberi air," jelasnya.

Namun karena kesulitan mendiagnosa, tanaman kerap mati sebelum sempat ditangani.

Namun ketika tanaman sudah didiagnosis bahwa tanaman terserang hama, ada langkah-langkah yang dapat dilakukan agar tanaman hias dapat diselamatkan.

"Untuk tanaman saya sendiri itu lebih sering diserang ulat, ketika kita tau bahwa hama telah menyerang tanaman, kita dapat membasmi dengan pestisida organik yang dapat dibuat di rumah dari sayuran ataupun buah tanpa bahan kimia," tambahnya.

"Selain itu juga bisa dengan sabun cuci piring dan minyak goreng, campurkan sabun pencuci piring dan minyak goreng di dalam botol spray dan ini juga cukup ampuh," lanjutnya.

Meskipun sudah disiram setiap hari, jangan lupa untuk terus memantau kesehatan tanaman karena disiram saja tidak cukup membuat sehat tanaman hias dan hama bisa datang kapan saja.

"Kenali apa kebutuhan tanaman, jangan lupa memberikan pupuk, tanaman juga harus terkena sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik."

"Jangan lupa menjaga kebersihan tanaman, dan juga ingat tanaman di luar ruangan membutuhkan perawatan ekstra meskipun tanaman indoor juga butuh matahari," tutupnya. (tribunjambi/adesetyawati).

Baca juga: Cara Pemupukan Tanaman Hias, Pastikan Tanah Relatif Lembap saat Menerapkan Pupuk

Baca juga: Cara Membasmi Hama Serangga Tanaman dengan Sabun Insektisida

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved