Breaking News:

Berita Batanghari

Sejak 2019 Tiga Kecamatan di Batanghari Ini Diusulkan Pemda Jadi RKT ke Pemerintah Pusat

Berita Batanghari, Menindaklanjuti program pemerintah pusat Pemkab Batanghari telah membuat dokumen masterplan atas Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT)

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/musawira
Pj Sekda Batanghari, Mulawarmansyah. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Menindaklanjuti program pemerintah pusat Pemkab Batanghari telah membuat dokumen masterplan atas Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) sejak 2019.

“Pengembangan kawasan terpadu untuk daerah-daerah atau gabungan beberapa desa yang tadinya merupakan daerah trans, kita sudah buat RKT dan sudah kita bahas di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia,"

"Janji bapak-bapak di Kementrian bahwa pada 2020 sudah mulai rencananya direalisasikan,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Batanghari Mulawarmansyah, Kamis (2/9/2021).

Bappeda ketika itu pada 2019 sudah selesai membuat masterplan kawasan transmigrasi dan kata dia sudah dipresentasikan di Kementrian pada awal 2020 dan sudah dimasukan ke dalam daftar prioritas oleh kementrian.

“Ketika RKT ini diluncurkan daerah-daerah itu membuat semacam masterplan atau rencana induk pengembangan kawasan. Ketika pemaparan ada beberpa kawasan di yang kita usulkan, yakni di Kecamatan Mersam, Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Batin XXIV,” katanya.

Terkait luasan sebut Mulawarmansyah relatif tergantung dinamika ketersediaan dana yang ada di Kementrian. Sebab, RKT ini mencakup ada sarana ekonomi, jaringan infrstruktur, sarana dan prasarana sosial pemerintahan.

“Ketika itu terealisasi infrastruktur kita akan lebih baik pengembangan wilayah kita tertata dia terkoneksi atau nyetrup dengan pola pengembangan yang sudah dilaksanakan oleh transmigrasi pada zaman dahulu, pengembangan wilayahnya lebih terpadu,” ucpanya.

Anggaran menyiapkan dokumen masterplan menggunakan APBD 2019 dan itu dikerjakan oleh pihak ketiga.

“Saya tidak tahu persisnya. Saya sudah lupa, bisa ditanyakan di bidang infrastruktur Bappeda pada 2019,” pungkasnya.

Baca juga: Pemkab Batanghari Akan Tambah Lampu PJU, Sasar Wilayah Desa Terpencil

Baca juga: 82 Persen Profesi Masyarakat Batanghari Sebagai Petani, Fadhil Arief: Petani Harus Lebih Sejahtera

Baca juga: Genjot PAD, Pemkab Batanghari Tahun Depan Mulai Mengembangkan Budidaya Ikan Gurami

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved