Breaking News:

Berita Muarojambi

Pemeliharaan Pabrik Mangkrak di Muarojambi Tetap Dianggarkan, Sedot Hingga Ratusan Juta

Berita Muarojambi-Ia juga memperkirakan biaya operasional pemeliharaan seperti listrik dan penjagaan pabrik itu mencapai puluhan hingga ratusan juta

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Nani Rachmaini
HASBI SABIRIN/TRIBUNJAMBI.COM
Pabrik pengolahan ikan di Kemingking yang sudah tak beroperasi selama tujuh tahun 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Gedung Industri pengelolaan ikan patin atau processing fish, yang berada di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi yang sempat terhenti selama tujuh tahun biaya operasionalnya tetap dianggarkan.

Ternyata, pengoperasian itu terhenti karena pihak pengelola atau pihak ketiga tenkendala mahalnya bahan baku ikan patin, membuat investor tidak menyanggupi, atau mundur.

Hal itu diungkapkan oleh anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Usman Khalik saat dikonfirmasi pada Kamis (2/9/21).

Kata Usman Khalik, pabrik processing fish atau fillet ikan patin, di Desa Kemingking Dalam itu dibangun melalui dana APBN namun biaya operasional dikelola oleh APBD Kabupaten Muarojambi.

Awal dibangun pabrik itu memang ada investor atau pihak ketiga yang mengelola, ketika itu ia masih menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Muarojambi pada tahun 2012 dan 2013.

"Gonta-ganti investor yang mengelola waktu itu saya tidak memantau lagi, karena tahun 2014 saya tidak anggota DPRD lagi."

"Mereka mundur kemungkinan mereka terkendala kualitas ikan belum memenuhi standar ekspor, kemudian mahalnya biaya operasional dan bahan baku ikan masih kalah saing," kata Usman Khalik.

Dengan adanya pabrik fillet ikan patin yang dibangun oleh pemerintah pusat melalui APBN, di wilayah Muarojambi dengan harapan harga ikan petani bisa naik, masyarakat Muarojambi juga bisa meningkatkan produksi kerambah dan kolam ikannya.

Setelah mengetahui, pabrik itu tidak beroperasi lagi, ia berharap kepada pemerintah Kabupaten Muarojambi agar bisa dioperasikan kembali.

"Karena, biaya operasional dan pemeliharaan dan listriknya berjalan terus dan menjadi tanggungan kita, ini merupakan aset daerah," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved