Breaking News:

Kerjasama Crowdfunding BPJS Jambi bersama Optik Citra dan Visi Optik Kota Jambi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Jambi bersama Optik Citra dan Visi Optik Kota Jambi berkerjasama dalam program donasi

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
FITRI AMALIA/TRIBUNJAMBI.COM
Kerjasama Crowdfunding BPJS Jambi bersama Visi Optik Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Jambi bersama Optik Citra dan Visi Optik Kota Jambi berkerjasama dalam program donasi iuran JKN-KIS dengan skema 'crowdfunding'.

Kegiatan penandatanganan PKS antara BPJS Kesehatan dengan Optik Visi dan Optik Citra perihal donasi crowdfunding ini telah dilaksanakan pada Rabu 1 September 2021, didampingi Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Jambi, Muhammad Gempa Awaljon Putra.

Muhammad menilai program CSR yang dilaksanakan sangat baik karena di era pandemi ini kita juga harus makin peduli dengan sesama.

"Kita harapkan mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat membantu lebih banyak masyarakat dan badan usaha juga lebih peduli terhadap masyarakat sekitar jadi tidak hanya semata-mata mengejar profit tapi juga kepedulian terhadap sesama," ujarnya.

Kerjasama Crowdfunding BPJS Jambi bersama Optik Citra
Kerjasama Crowdfunding BPJS Jambi bersama Optik Citra (FITRI AMALIA/TRIBUNJAMBI.COM)

Mekanisme Crowdfunding atau urun dana, merupakan skema yang sudah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan sejak tahun 2015.

Di mana peserta baik secara perseorangan atau Badan Usaha dapat melakukan urun dana atau donasi untuk membantu pembiayaan iuran kepesertaan program JKN-KIS peserta bukan penerima upah (PBPU) yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan kewajibannya (menunggak).

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta Rizky Sistazha, mengatakan, program ini sejalan dengan prinsip gotong royong yang menjadi slogan BPJS Kesehatan dan salah satu alternatif dalam membantu pembiayaan iuran peserta JKN-KIS segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3 yang kesulitan untuk membayarkan iuran.

"Kita sedang dihadapkan pada kondisi pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia dan berdampak besar terhadap pendapatan masyarakat, hal ini tentu juga mempengaruhi ekonomi peserta program JKN-KIS, yang tadinya rutin dan mampu membayar iuran kini terkendala. Disinilah kita harapkan kelompok masyarakat dengan kondisi finansial yang bercukupan, bisa ikut serta membantu kelompok masyarakat tersebut melalui program crowdfunding siap memfasilitasinya," jelas Rizky.

“Tak Lupa kami ucapkan terima kasih kepada Optik Citra dan Optik Visi yang telah melakukan donasi melalui mekanisme crowdfunding sehingga peserta tersebut dapat kembali memanfaatkan pelayanan kesehatan melalui program JKN-KIS,” sebutnya.

Pimpinan Optik Citra Jambi, Doni Dafrizal yang mengikuti program ini sangat mendukung kerjasama ini.

"Kami sangat men-support adanya program ini apa lagi kami sebagai optik dalam pelayanan juga bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pemilik Visi Optik, Azrin. Dia berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat meringankan penerima ditengah pandemi covid-19.

"Nilai yang kami berikan mungkin tidak seberapa bagi sebagian pengusaha lainnya, namun setidaknya saya rasa ini sangat berarti bagi peserta yang kepesertaannya dapat aktif kembali, ia dan keluarga tentu Kembali bisa merasakan atau memanfaatkan layanan kesehatan tanpa kekhawatiran akan pembiayaan yang disediakan melalui program JKN-KIS" pungkasnya.

Sebagai informasi, nilai crowdfunding yang dilakukan oleh Optik Citra berjumlah Rp. 4.268.000, Optik Citra menyelesaikan tunggakan iuran 4 orang peserta program JKN-KIS kelas III, dan membayarkan iuran kepesertaan program JKN-KIS bagi keempat orang tersebut selama 12 bulan ke depan.

Dan nilai crowdfunding yang dilakukan oleh Visi Optik berjumlah Rp. 3.103.500. Visi Optik menyelesaikan tunggakan iuran bagi 3 orang peserta program JKN-KIS dan membayarakan iuran bagi ketiga orang tersebut selama 12 bulan ke depan.

Baca juga: Jonathan Peserta Program JKN-KIS Rasakan Manfaat Layanan Mata, Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan

Baca juga: BPJS Kesehatan Sangat Memudahkan Peserta Program JKN-KIS

Baca juga: BSU Rp 1 Juta, Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif atau Tidak Perhatikan Beberapa Hal Ini

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved