Breaking News:

Angka Kematian Covid-19 di Jambi Meningkat Drastis Selama Juli-Agustus

Angka kematian akibat Covid-19 di Jambi khususnya di RSUD Raden Mattaher Jambi meningkat secara drastis...

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Monang
Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher, Dewi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada 2021 ini kasus pasien yang meninggal akibat Covid-19 di RSUD Raden Mattaher mengalami peningkatan pada Juli dan Agustus.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher, Dewi menyatakan, selama ini angka kematian akibat Covid-19, per bulannya tidak pernah menyentuh angka 20 orang.

Namun pada Juli dan Agustus mengalami peningkatan yang signifikan sehingga mencapai 46 orang meninggal pada Agustus dan 41 orang meninggal di Juli.

"Selama 2021 sendiri total pasien meninggal akibat Covid-19 ada 157 orang. Mulai Juli dan Agustus ini terlihat peningkatannya. Karena juga dua bulan terakhir ini kasus Covid-19 juga tengah meningkat," ungkap Dewi, Rabu (1/9/2021).

Ia pun menyebutkan rata-rata pasien yang meninggal berasal dari Kota Jambi. Namun dikatakannya, RSUD Raden Mattaher juga sebagai rumah sakit rujukan provinsi, ada juga beberapa dari daerah lain, seperti Muaro Jambi, Merangin, Batanghari, dan daerah lainnya.

Dewi juga memastikan, yang meninggal akibat Covid-19 tidak melulu dari kelompok umur lansia. Ia mengatakan lansia tidak lagi mendominasi angka kematian akibat Covid-19.

"Usia tidak didominasi lagi oleh kelompok lansia. Ada banyak juga yang meninggal umurnya di bawah 40 tahun," katanya.

Ada pun jika dibandingkan dengan data 2020 lalu, angka kematian 2021 dapat dibilang melonjak. Hal ini menurutnya terjadi akibat pada 2020 lalu masih sedikit pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

"Selama 2020, total dari data kami pada Mei sampai Desember ada sebanyak 46 pasien meninggal. Ini mungkin disebabkan 2020 masih awal-awal Covid, sehingga pasien juga masih sedikit di rumah sakit," jelasnya.

Untuk data 2021 sendiri, pada Januari terdapat 15 orang meninggal, Februari 5 orang meninggal, Maret 7 orang meninggal, April 16 orang meninggal, Mei 13 orang meninggal, Juni 14 orang meninggal, Juli 41 orang meninggal, dan Agustus 46 orang meninggal. Total keseluruhan selama 2021 ada 157 orang meninggal akibat Covid-19 di RSUD Raden Mattaher.

Baca juga: Angka Kematian Pasien Covid-19, Posisi Indonesia Berada Peringkat 9 Tertinggi di Dunia

Baca juga: Angka Kematian Pasien Covid-19 di Batanghari Cukup Tinggi, Penanganan Kasus Positif Diperbaiki

Baca juga: Kemenkes Ungkap Efektivitas Vaksin Sinovac Mampu Cegah Kematian Hingga 100 Persen Akibat Covid-19

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved