Breaking News:

SOSOK Profesor Sukamto, Pakar Hukum Administrasi Terbaik se-Indonesia

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1955 ini mengawali pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada dan lulus pada tahun 1983.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
SAMSUL BAHRI/TRIBUNJAMBI.COM
Profesor Sukamto, Pakar Hukum Administrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Prof Dr Sukamto Satoto SH MH, merupakan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Ia juga sempat dinobatkan sebagai lima besar pakar hukum administrasi terbaik se-Indonesia pada 2009 lalu.

Prof Sukamto merupakan sosok Guru Besar yang ramah dan rendah hati.

Sebelum menjadi seperti saat ini, ada banyak hal yang telah dilaluinya yang telah banyak membimbing mahasiswa-mahasiswa lulusan hukum. Baik bergelar Sarjana, Magister hingga bergelar Doktor.

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1955 ini mengawali pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada dan lulus pada tahun 1983.

Pada saat lulus tersebut, ia kemudian ditawari oleh Dekan Fakultas Hukum UGM untuk menjadi pengajar.

"Jadi setelah lulus di tawari oleh dekan untuk ngajar. Jadi awalnya itu di angkat jadi dosen Fakultas Hukum Gajah Mada pada Maret 1984. Kemudian saya minta ke dekan untuk mencari pengalaman di Universitas lain,"terangnya.

Akhirnya ia dipilih untuk mengajar di Fakultas Hukum Universitas Jambi. Selama dua tahun mengajar di Fakultas Hukum dengan status sebagai dosen kontrak.

Baca juga: Sikap Teuku Rasya Kepada Natasha Wilona Disorot, Al Ghazali : Rassya Jaga Hati Verrel

Setelah mendekati habis masa kontrak, Prof Sukamto menemui rektor untuk menanyakan terkait dengan berakhirnya masa kontraknya.

"kemudian karena kontrak saya sudah mau habis saya menyampaikan kepada rektor bahwa kontrak saya mau habis, kemudian rektor unja menawarkan untuk di Jambi atau di Jogja. Karena saya sudah nyaman juga jadi saya pilih untuk tetap di Unja,"ungkapnya.

Karena memilih untuk tetap mengabdi di Universitas Jambi, setidaknya sekitar 10 tahun mengajar.

Kemudian pada 1995 melanjutkan studi Magister atau S2 Fakultas Hukum di Universitas Airlangga dan lulus pada akhir 1997.

"Pada saat Lulus S2 itu sempat balik ke Jambi, kemudian daftar lagi S3 di tahun 1998 dan lulus 2003 kemudian 2004 balik ke Jambi. Pada saat di Jambi 2004 sampai 2009 saya mengabdi sebagai dosen biasa di Unja dan mengajar juga di S2,"pungkasnya.

Baca juga: Ayu Thalia Pamer Kaki Penuh Luka Usai Laporkan Anak Ahok Pasal Penganiayaan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved