Breaking News:

Berita Batanghari

Dinkes Catat 5.571 Ibu Hamil di Batanghari Terima Suntikan Vaksin Covid-19

Dinas Kesehatan Batanghari catat ribuan ibu hamil di Batanghari sudah divaksin Covid-19.

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Wira
bu Hamil di Batanghari Terima Suntikan Vaksin Covid-19 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari telah melakukan pendataan Ibu Hamil sebagai sasaran vaksinasi.

Langkah itu dilakukan sebagai tindaklanjut pencanangan program vaksinasi bagi Ibu Hamil yang digelar Pemerintah Provinsi dihadiri Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief secara virtual beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, tercatat sekira 5.571 Ibu Hamil yang didata Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr Elfi Yennie mengatakan sampai saat ini sudah dilaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil diseluruh puskesmas dalam Kabupaten Batanghari. Pada event tertentu juga dilaksanakan secara bersamaan.

“Bupati kita sangat memperhatikan masalah ini bahkan beliau langsung memerintahkan kepada Diskominfo untuk menyediakan aplikasi yang bisa dipakai sebagai pencatatan dan juga pemantauan KIPI,” kata dr Elfi Yennie selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kabupaten Batanghari, Minggu (29/8/2021).

Vaksinasi Ibu Hamil ini khusus ibu dan janinnya maka kata dr Elfi dipantau terus sampai nanti disaat melahirkan dan terhubung langsung dengan aplikasi yang ada di Kemenkes bekerja sama dengan perhimpunan Dokter Spesialis Kandungan jadi sudah terhubung secara Nasional.

Dia mengatakan hal itu untuk memastikan bahwa vaksinasi ini tidak berdampak buruk terhadap janin yang dikandung maupun ibu hamilnya sendiri.

Khusus untuk vaksinasi ibu hamil ini kata dia ada perbedaan dengan vaksinasi yang biasa di mana yang menjadi sasaran vaksinasi ini harus memiliki syarat usia kehamilan 13-33 minggu.

“Ibu hamil pada saat itu tidak hipertensi dan tekanan darahnya harus kurang dari 140/90. ini agak berbeda kalau dengan vaksinasi pada umumnya patokan hipertensinya adalah 180/100,” ujarnya.

Ibu hamil yang mau divaksin dia bilang harus ada screening yang dilakukan oleh dokter di lokasi vaksinasi.

Dia mengimbau kepada masyarakat terutama ibu hamil dan keluarganya untuk dapat mengikuti program vaksinasi bagi ibu hamil ini. Karena vaksinasi Covid-19 ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya agar dapat terhindar dari Covid-19.

"Kalau pun sempat terkena tentu dengan akibat yang lebih ringan yang tidak membahayakan bagi kesehatannya," pungkasnya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil dan Menyusui di Kota Jambi Digelar Terpisah, Ini Alasannya

Baca juga: Puluhan Ibu Hamil di Muarojambi Ikut Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Baca juga: Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani Hadiri Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved