Breaking News:

Berita Tanjabtim

Mahasiswa KKN Unja di Tanjabtim Manfaatkan Limbah Lidi Sawit Menjadi Kerajinan

Bahan Baku lidi pelepah sawit yang melimpah di Kabupaten Tanjuabtim dimanfaatkan Mahasiswa KKN Kebangsaan Unja untuk dijadikan program unggulan

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/abdullah usman
Mahasiswa KKN Kebangsaan di Tanjabtim Manfaatkan Limbah Lidi Sawit Menjadi Kerajinan 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Bersama warga, mahasiswa KKN Kebangsaan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, olah limbah lidi pelepah sawit menjadi kerajinan yang menarik, Selasa (25/8/2021).

Bahan Baku lidi pelepah sawit yang melimpah di Desa Mencolok, Kecamatan Mendahara Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dimanfaatkan Mahasiswa KKN Kebangsaan untuk dijadikan salah satu program unggulan untuk pengembangan Desa.

Satu dari mahasiswa KKN Kebangsaan di Posko III Desa Mencolok, Nenden Kintani mengatakan, dalam KKN Kebangsaan ini banyak hal yang dapat dijadikan program kami.

Hanya saja untuk program tentu harus melihat dari kondisi dan keadaan daerah yang menjadi tempat kita berada, bisa terkait potensi Desa maupun keluhan warga yang nantinya menjadi program unggulan yang dapat berjalan.

Seperti program unggulan kita, pembuatan piring berbahan dasar lidi kelapa sawit program pembuatan piring berbahan dasar lidi kelapa sawit ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada ibu-ibu PKK Desa Mencolok.

Dengan tujuan agar setelah program ini dilaksanakan, ibu-ibu PKK Desa Mencolok mampu untuk mengembangkan keterampilan tersebut sebagai mata pencaharian.

"Luasnya lahan kelapa sawit di Desa Mencolok juga merupakan salah satu hal yang sangat mendukung pengembangan produksi piring berbahan dasar lidi kelapa sawit ini. Program ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021 lalu, " ujarnya.

Dikatakannya pula, dalam Program Kerja Unggulan KKN Kebangsaan ini, Pembuatan piring berbahan dasar lidi kelapa sawit sendiri menjadi prioritas mengingat, pembuatan piring berbahan dasar lidi kelapa sawit dilakukan karena Desa Mencolok merupakan salah satu desa yang memiliki area perkebunan kelapa sawit yang sangat luas.

"Dengan lahan perkebunan sawit yang luas, Namun, sejauh ini pemanfaatan dari kelapa sawit hanya berfokus pada buah sawit saja. Karena itu, Posko III KKN Kebangsaan menginisiasi program ini agar pelepah kelapa sawit dapat dikembangkan pemanfaatannya, " tambahnya

Lanjutnya, selain Program pemanfaatan limbah pelepah kelapa sawit, para Mahasiswa ini juga melakukan koordinasi bersama pihak Perusahaan guna melakukan perbaikan Normalisasi aliran sungai. Yang sejatinya sangat berpengaruh pada kondisi perkebunan warga.

Sejauh ini pengajuan proposal penyiraman jalan ke PT PetroChina dan proposal normalisasi sungai ke PT Wira Karya Sakti, pengajuan proposal mengenai penyiraman jalan dan normalisasi sungai diajukan ke dua perusahaan besar yang beroperasi di sekitar Desa Mencolok, yakni PT Petrochina dan PT Wira Karya Sakti.

"Upaya pengajuan proposal ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan mengenai jalan desa yang berdebu dan aliran sungai yang kurang optimal, " jelasnya

Dikatakan warga, proses pengajuan proposal ini telah dilakukan berkali-kali namun tak kunjung berhasil. Karenanya, Posko III KKN Kebangsaan berupaya untuk membantu warga Desa Mencolok dengan kembali melakukan pengajuan proposal ini.

"Besar harapan kita agar pengajuan ini dapat diterima oleh pihak perusahaan, sehingga apa yang diinginkan masyarakat dapat tercapai, " tandanya.

Untuk diketahui, KKN Kebangsaan yang digelar para mahasiswa dari Berbagai Universitas di Tanah Air ini yang berada di Tanjabtim sendiri terdiri dari beberapa Posko.

Baca juga: Mahasiswa KKN Universitas Siliwangi di Desa Rantau Karya Sosialisasikan PHBS Guna Cegah Covid-19

Baca juga: Penutupan KKN Universitas Jambi, Wakil Rektor Berharap Mahasiswa dan Masyarakat Dapat Manfaatnya

Baca juga: Selain Mengolah Pisang, Mahasiswa KKN Kebangsaan Juga Bangun Rumah Pembibitan Unggul

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved