Breaking News:

Obat Herbal Alami

Khasiat Rebung untuk Mengobati Berbagai Penyakit dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Rebung bambu (Dendrocalamus asper)  mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat, protein, dan kandungan lemak rendah.

Editor: Heri Prihartono

TRIBUNJAMBI.COM - Rebung bambu (Dendrocalamus asper)  mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat, protein, dan kandungan lemak rendah.


Rebung memiliki kandungan  sejumlah besar vitamin A, B6, C, dan E serta kalsium, kalium, niasin, zat besi, folat, tembaga, seng, selenium, mangan, magnesium, fosfor, dan tiamin.

Rebung mengandung phytochemical seperti lignan dan asam fenolik yang memiliki efek anti-kanker, anti-bakteri dan anti-inflamasi.



Rebung kaya manfaat sebagai obat herbal alami seperti yang dirangkum dari The Health Line dan Intisari;


 1. Rendah gula
Kadar gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram.

Jumlah tersebut lebih sedikit  daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Dengan demikian rebung baik dikonsumsi penderita diabetes.

2. Sumber Protein

Seribu gram rebung sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein  dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.


Protein baik pada rebung berfungsi untuk memperbaiki sel-sel dan membangun, serta memelihara jaringan tubuh. Jumlah protein yang diserap oleh tubuh untuk pemeliharaan tersebut, bergantung pada keadaan kesehatan.



3. Kaya vitamin dan mineral


Rebung ternyata kaya vitamin dan mineral lho. Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat.

Kandungan  mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi serat

Rebung juga tinggi serat. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.  

Rutin konsumsi rebung dapat membantu  meningkatkan kualitas pergerakan usus yang lebih sehat, sehingga menjaga kita terlindung dari masalah usus.


5. Merangsang nafsu makanan


Rebung kaya akan  selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka.

6. Mengontrol kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan  rebung memiliki efek baik pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.


7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin dan mineral dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Mengatur tekanan darah tinggi

Rebung mengandung tingkat potasiumnya yang tinggi, rebung dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.


Sebuah Studi juga menemukan bahwa potasium dalam rebung dapat menguatkan detak jantung kita, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Seporsi rebung dapat memberi kita seperlima dari jumlah potasium harian yang direkomendasikan.

Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

 (*)
SUMBER ARTIKEL : GRIDHEALTH

BACA ARTIKEL OBAT HERBAL ALAMI LAINNYA DI SINI

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved