Breaking News:

Kasus Asusila dan Narkotika Mendominasi di PN Tanjab Timur

Sepanjang Tahun 2020 lalu kasus Narkotika dan asusila paling mendominasi ditangani oleh Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribun Lampung/Dody Kurniawan
Ilustrasi kasus asusila. 

Laporan Wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Sepanjang Tahun 2020 lalu kasus Narkotika dan asusila paling mendominasi ditangani oleh Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Dikatakan Humas Pengadilan Negeri Tanjab Timur Adji Prakoso mengatakan, untuk jumlah perkara pidana yang telah ditangani oleh Pengadilan Negeri setempat pada tahun 2020 ada sebanyak 120 perkara. 

"Diman dari jumlah tersebut untuk perkara perdatanya sendiri di tahun 2020 ada sebanyak tujuh perkara," tuturnya.

Dirinya menjelaskan, jika dibandingkan pada tahun 2019 yang lalu, jumlah perkara pidana yang telah dilaksanakan di Pengadilan Negeri Tanjab Timur lebih sedikit dibanding 2020, akan tetapi perbedaannya tidak terlalu signifikan.

"Di tahun 2019 ada sekitar 100 perkara pidana yang ditangani Pengadilan Negeri Tanjab Timur. Hanya berbeda 20 perkara jika dibanding tahun 2020," jelasnya.

Persidangan perkara pidana sendiri dilakukan secara online atau daring sesuai dengan peraturan Mahkama Agung. 

Sedangkan untuk perkara perdata, pihak Pengadilan Negeri Tanjab Timur telah menerapkan sistem E-Court atau persidangan secara elektronik.

Dijelaskannya untuk perkara pidana ini berkaitan dengan jangka waktu penahanannya, perkara tersebut harus selesai sampai sidang putusan sebelum jangka waktu penahanannya habis. 

"Kalau untuk di perkara perdata sesuai kebijakan Mahkama Agung, maka harus selesai sebelum jangka waktu 5 bulan dan tidak boleh melebihi waktu tersebut," jelasnya.

Lanjut Adji, perkara yang mendominasi selama beberapa tahun belakangan yang telah ditangani oleh pihak Pengadilan Negeri Tanjab Timur yakni perkara yang berkaitan dengan narkotika dan disusul dengan perkara asusila.

"Sidang perkara Narkotika masih yang paling tinggi dalam beberapa tahun ini yang telah digelar di Pengadilan Negeri Tanjab Timur," bebernya.

Baca juga: Dua Desa di Batanghari Ini Direkomendasikan Tunda Pilkades Serentak

Baca juga: Warga Kota Jambi Protes, Proyek Jalan Belum Rampung Sudah Rusak

Baca juga: Sedang Renovasi, Mashuri akan Jadikan Rusunawa Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid-19 

Sedangkan untuk jumlah perkara pidana yang telah ditangani oleh Pengadilan Negeri Tanjab Timur pada tahun 20201. Tercatat sampai memasuki bulan Agustus tahun 2021 ini ada sebanyak 70 perkara yang telah berjalan.

"Untuk kasus perdata sendiri, hingga saat ini ada Delapan perkara yang ditangani oleh Pengadilan Negeri Tanjab Timur dan masih berjalan hingga saat ini, " pungkasnya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved