Breaking News:

72 Ton Komoditas Pertanian Jambi Diekspor ke Delapan Negara

Provinsi Jambi melalui Balai Karantina Pertanian Kelas I telah melepas komoditas pertanian sejumlah 72.344,95  ton.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Monang
Gubernur Jambi Al Haris melepas ekspor komoditas pertanian dalam acara Merdeka Ekspor di Pelabuhan Talang Duku Sabtu (14/8/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Provinsi Jambi melalui Balai Karantina Pertanian Kelas I telah melepas komoditas pertanian sejumlah 72.344,95  ton.

Diungkapkan Kepala Karantina Pertanian Jambi, Turhadi Noerachman dalam pidatonya di acara Merdeka Ekspor yang diselenggarakan di Pelabuhan Talang Duku, yang diekspor terdiri dari cangkang sawit, karet lempengan, kelapa bulat, kopra, pinang biji dan sapu lidi.  

"Selain itu terdapat komoditas kayu olahan  yang  akan  di  ekspor  yaitu  kayu  karet  dan kayu kempas sejumlah 368,83 M3. Nilai total komoditas ekspor ini mencapai  Rp 141,82  milyar," ungkapnya Sabtu (14/8/2021).

Diungkapkannya pula, Provinsi Jambi memiliki kontribusi besar dalam ekspor nasional komoditas pertanian.

"Data sampai Juli lalu, komoditas  pertanian  yang  dilalulintaskan  dari  pelabuhan  di wilayah  Jambi  mencapai  Rp 3,50  triliun  atau  meningkat 55,73 persen dibandingkan periode yang sama dalam tahun 2020 sebesar Rp 2,24 triliun," bebernya.

Dirinya pun berharap, seluruh stakeholder dapat mendorong ekosistem ekspor komoditas pertanian di Jambi.

"Untuk itu, kami mengajak  seluruh  stakeholder guna  mendorong  ekosistem ekspor yang kondusif Provinsi Jambi. Sehingga diversifikasi komoditas dan volum ekspor pertanian Provinsi Jambi dapat terus ditingkatkan," harapnya.

Perlu diketahui, pelepasan ekspor komoditas pertanian Merdeka Ekspor ini digelar secara serentak di sejumlah wilayah Indonesia yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual.

Baca juga: Ekspor Komoditas Pertanian Rp 141 Miliar, Al Haris: Itu Masih Rendah

Baca juga: Siswa MAN 2 Kerinci Wakili Jambi Jadi Anggota Paskibraka Nasional

Untuk di Provinsi Jambi, pelepasan langsung dilakukan oleh Gubernur Jambi, Al Haris.

Adapun nantinya komoditas pertanian yang diekspor dari Jambi ini akan dikirim ke delapan negara, yakni Jepang, Thailand, Cina, India, Bangladesh, Malaysia, Pakistan, dan Taiwan.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved